8 Selebrasi Dunia 2018

Tahun ini, Singapore Art Week diselenggarakan selama 12 hari.

Singapore Art Week
Lokasi: Singapura, 17-28 Januari
Program andalannya, Art from the Streets, menampilkan hampir 200 karya dari perupa kondang, mulai dari Banksy hingga Shepard Fairey. Di malam hari, magnet terbesar Singapore Art Week adalah Light to Night Festival yang menembakkan beragam warna ke gedung-gedung tua di Civic District. Acara seni lain yang menarik di Januari adalah Art Stage Singapore yang bergulir dari 25-28 Januari. artweek.sg.

Beberapa instalasi seni di Lumiere London juga dapat langsung dicoba (Foto: Visit London)

Lumiere London
Lokasi: London, 18-21 Januari
Episode kedua Lumiere akan menampilkan instalasi cahaya buatan 40 seniman yang disebar di lima lokasi utama, antara lain King’s Cross, West End, dan South Bank.  Dua magnet utama tahun ini adalah The Light of the Spirit buatan Patrice Warrener, seniman digital asal Prancis; serta Aether, instalasi yang mengombinasikan cahaya dan suara. lumiere-festival.com.

Tour de Indonesia
Lokasi: Jawa Tengah-Bali, 24-28 Januari
Setelah enam tahun absen, Tour de Indonesia bakal digelar pada 2018. Ajang yang ditukangi oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) ini rencananya menampilkan empat etape yang membentang dari Jawa Tengah hingga Bali. Bendera start akan diangkat di pelataran Candi Borobudur, sementara garis finis dipasang di Lapangan Puputan Badung. icf.id.

Prosesi utama: parade obor di jalan-jalan kota.

Up Helly AA
Lokasi: Shetland, 30 Januari
Dunia kerap menjulukinya Viking Festival. Ajang tahunan ini digelar sejak akhir abad ke-19 di Shetland, kepulauan di utara Skotlandia, yang pernah menjadi basis pasukan Viking dalam ekspedisi penaklukan Norwegia dan Skotlandia. Prosesi utama dalam Up Helly Aa adalah parade obor di jalan-jalan kota, disusul oleh ritus pembakaran replika kapal Viking dengan iringan lagu. Tahun lalu, pergelaran ini melibatkan lebih dari 1.000 peserta—semuanya kaum pria berwajah galak, tentu saja, sejalan dengan legenda Viking. uphellyaa.org.

Dragon Carnival
Lokasi: Ljubljana, 10 Februari
Ljubljana, Ibu Kota Slovenia, menampilkan seekor naga dalam symbol resminya. Dalam Dragon Carnival, kita bisa menyaksikan hewan tersebut berkeliaran di jalan-jalan kota, bersama dengan makhluk-makhluk mitologis khas lokal lainnya. Pesta kostum terbesar di Slovenia ini diikuti oleh beragam grup karnaval dari penjuru negeri. visitljubljana.com.

Festival Bau Nyale
Lokasi: Lombok, 15-16 Februari
Putri Mandalika, sosok mitologis dalam kebudayaan Sasak, menyapa warga Lombok setiap awal tahun dalam wujud jutaan cacing laut. Tradisi menangkap (dan menyantap) cacing-cacing itulah yang kemudian melahirkan Festival Bau Nyale, salah satu pergelaran utama dalam kalender wisata Lombok. Suguhan lain pesta rakyat ini adalah parade budaya, pentas tari, serta ajang pemilihan Ratu Mandalika.

Salah satu instalasi melayang di Museum Kunsthal.

Hyperrealism: Sculpture
Lokasi: Rotterdam, 10 Maret-1 Juli
Pameran unik yang dipusatkan di Museum Kunsthal Rotterdam ini akan menghibur sekaligus mengecoh mata Anda melalui suguhan realitas yang terdistorsi. Hyperrealism: Sculpture memajang 32 karya tiga dimensi yang dibuat dalam 50 tahun terakhir oleh 26 perupa hiper-realis, di antaranya George Segal, Juan Muñoz, Maurizio Cattelan, dan Ron Mueck. kunsthal.nl.

Beragam acara bertema sains, mulai dari pameran inovasi hingga demonstrasi robot.

World Science Festival
Lokasi: Brisbane, 21-25 Maret
Ajang ciptaan fisikawan Brian Greene dan jurnalis Tracy Day ini awalnya digelar di New York. Sejak 2016, versi waralabanya hadir di Brisbane. World Science Festival menampilkan beragam acara bertema sains, mulai dari pameran inovasi, demonstrasi robot, hingga sarapan bersama ilmuwan. Untuk 2018, bintang tamunya antara lain arkeolog Adam Brumm, ahli matematika Arthur Benjamin, serta pakar fisika kuantum Chris Ferrie. worldsciencefestival.com.au.

 

Comments