8 Festival Akhir Tahun

Amsterdam Light Festival | DestinAsian MagazineSalah satu instalasi memukau di Amsterdam Light Festival.

Final Fantasy: Final Symphony
Lokasi: Hong Kong; 22-23 November

Tahun ini, video game ikonis Final Fantasy genap berusia 30 tahun, dan Hong Kong merayakan momentum itu melalui konser orkestra di Hong Kong Cultural Centre. Pentas ini akan menampilkan kolaborasi simfoni antara Philip Chu dari Philharmonic Chorus, dengan Mischa Cheung, pianis blasteran Swiss-Tiongkok. hkphil.org.

Sail Sabang
Lokasi: Sabang; 28 November-5 Desember

Sabang, titik nol kilometer di ujung barat Indonesia, akan menjadi tuan rumah Sail Indonesia. Tak perlu memiliki perahu layar jika ingin datang. Ajang ini akan dimeriahkan beragam acara menarik seperti pentas seni, lomba freediving, parade perahu, hingga pameran maritim. sailsabang2017.co.id.

Salah satu instalasi cahaya buatan di Amsterdam Light Festival.

Amsterdam Light Festival
Lokasi: Amsterdam; 30 november-21 Januari

Ibu Kota Belanda menutup dan membuka tahun dengan menghadirkan lebih dari 30 instalasi cahaya buatan desainer, arsitek, serta seniman dari dalam dan luar negeri, salah satunya Ai Weiwei, seniman asal Tiongkok. Amsterdam Light Festival, ajang yang dirintis pada 2012, didesain untuk menghidupkan atmosfer kota di musim dingin. Instalasi buatan partisipan disebar di penjuru kota, mulai dari stasiun, gang batu, hingga kanal bersejarah. amsterdamlightfestival.

Jogja-Netpac Asian Film Festival
Lokasi: Yogyakarta; 1-8 Desember

Jogja Asian Film Festival akan memutar lebih dari 100 film. Ajang ini dirintis pada 2005 oleh Garin Nugroho dan Budi Irawanto melalui kolaborasi dengan Network for the Promotion of Asian Cinema. Di 2017, acara barunya ialah Jogja Future Project yang mempertemukan sineas independen dengan pelaku industri. jaff-filmfest.org.

Krampus Night
Lokasi: Salzburg; 5 Desember

Tiap 6 Desember, Salzburg merayakan Hari Santo Nikolas, figur dermawan yang menginspirasi karakter Sinterklas. Tapi, beberapa hari sebelumnya, kota di Austria ini mengenang sosok yang sepenuhnya berbeda: Krampus, semacam gondoruwo versi lokal. Dalam Krampus Night, ratusan orang akan mengenakan kostum monster gondrong itu dan bergentayangan di jalan-jalan sembari menakut-nakuti bocah-bocah nakal. salzburg.info.

Salah satu karya yang ditampilkan pada Art Basel 2015 silam. (Foto oleh World Red Eye)

Art Basel Miami
Lokasi: Miami; 7-10 Desember

Seperti tahun sebelumnya, Art Basel akan menjajakan karya-karya buatan sekitar 4.000 seniman. Seperti tahun sebelumnya pula, bursa seni ini melahirkan beragam ajang pendamping, antara lain Design Miami dan Art Miami. Acara pokok dipusatkan di Miami Beach Convention Center, sementara pentas seni di Collins Park dan Soundscape Park. artbasel.com.

Djakarta Warehouse Project
Lokasi: Jakarta; 15-16 Desember

Jakarta tak punya tradisi yang kuat dalam industri musik elektronik. Namun dalam urusan konser, kota ini senantiasa diperhitungkan oleh para DJ internasional. Tahun ini, Djakarta Warehouse Project kembali mendatangkan sejumlah komponis lagu dansa ternama, di antaranya DVBBS, Flume, dan Tiesto. djakartawarehouse.com.

Beragam pertunjukan juga dapat Anda nikmati di festival belanja ini.

Dubai Shopping Festival
Lokasi: Dubai; 26 Desember-28 Januari

Dubai mengoleksi beragam mal, dan Dubai Shopping Festival adalah momen yang ideal untuk menyambangi mereka. Dalam ajang tahunan ini, banyak toko memberikan diskon hingga 90 persen. Tapi belanja bukan satu-satunya kegiatan dalam DSF. Kita juga bisa menikmati pentas kembang api, bazar kuliner, hingga konser. Dalam episode sebelumnya, DSF dimeriahkan oleh penampilan Jessie J. visitdubai.com.

Comments