8 Destinasi Terbaik Swedia

“Swedia,” ujar Johanna Brismar Skoog, “memikat lewat alamnya, kulinernya, juga warganya yang berpenampilan trendi.” Kepada Reza Idris, Duta Besar Swedia ini merekomendasikan delapan destinasi wisata andalan negaranya.

Stockholm

Ibu Kota Swedia ini disusun oleh 14 pulau yang terkoneksi oleh lebih dari 50 jembatan. “Tiap pulau memiliki karakteristiknya tersendiri,” ujar Johanna. Dia menyarankan wisatawan Indonesia berkunjung di musim panas, sehingga bisa menikmati “cuaca yang ramah saat berjalan-jalan, juga siang yang panjang dan malam yang singkat.” Salah satu objek wisata andalan Stockholm adalah Vasa Museum yang memajang bangkai-bangkai kapal perang buatan abad ke-16 dan 17. Satu tempat lain yang menurut Johanna tak boleh dilewatkan ialah Gamla Stan. “Nuansanya seperti Kota Tua. Ada istana dan rumahrumah sepuh berwarna menarik yang masih terawat,” jelasnya.

Malmo

Pecandu sepak bola mungkin mengenal Malmo sebagai tanah kelahiran Zlatan Ibrahimovic, penyerang andalan Manchester United. Tapi, bagi Johanna, Malmo merupakan tempat yang cocok bagi turis yang menyukai “kota yang tertata rapi.” Kelebihan lainnya, terutama bagi pelancong asal Indonesia, adalah banyaknya restoran yang menyuguhkan menu halal. “Beragam kebudayaan bisa ditemukan di sini. Di kawasan pelabuhannya, kita bisa menemukan ruang publik yang bersahaja dan inovatif,” ungkap Johanna. Untuk menyelami denyut kehidupan di Malmo, Johanna merekomendasikan Mollevangstorget, area yang menjajakan “barang-barang lokal dari kaum imigran.”

Visby

“Kota favorit saya,” ujar Johanna tentang Visby, kota pesisir di Pulau Gotland. Visby pernah menjadi kota bandar yang makmur pada abad ke-13. Berkat beragam warisan sejarahnya, area Kota Tua Visby ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya. “Kota ini dipagari tembok sepuh, dihuni gerejagereja dan rumah-rumah berfasad antik,” jelas Johanna. “Keluarga saya dulu memiliki rumah di sini. Fasadnya peninggalan abad ke-18.” Musim panas merupakan momen terbaik untuk melihat daya tarik lain kota: hamparan bunga mawar. Saking banyaknya sampai-sampai Visby dijuluki Kota Mawar oleh warga lokal.

Are

“Destinasi musim dingin favorit warga,” ujar Johanna tentang Are, kawasan yang mengoleksi resor-resor ski dengan fasilitas terbaik di Swedia. Daya tarik lainnya adalah kuliner. Johanna merekomendasikan Fäviken, restoran dengan dua bintang Michelin. “Anda akan merasakan pengalaman spesial di restoran ini. Menunya sangat inovatif.” Fäviken menyajikan menu gastronomi molekuler yang diracik dari bahan-bahan lokal. “Saya pernah mencicipi hotdog buatannya. Itu saja sudah sangat lezat,” ingat Johanna.



Comments

Related Posts

5266 Views

Book your hotel

Book your flight