8 Destinasi Menarik di Norwegia

“Norwegia memiliki alam menarik yang sulit ditandingi,” ujar Stig Traavik. “Tiap destinasinya ideal bagi mereka yang datang dengan pasangan ataupun keluarga.” Duta Besar Norwegia ini membeberkan delapan tempat wisata di negaranya kepada Reza Idris.

 

Jomfruland

Jomfruland
Norwegia, negara seukuran Malaysia, masih menyimpan banyak sudut menarik yang belum tertera dalam radar turis. Jomfruland adalah contohnya. Pulau ini dikaruniai alam yang menawan, serta dibingkai pantai dan tebing cadas. Bagi penggemar satwa, pergilah ke Hovedgaard di bagian utara pulau untuk melakoni trekking di hutan oak sembari mengamati burung. Kawasan ini merupakan habitat dan titik transit bagi sekitar 300 spesies burung. Momen ideal untuk melacak mereka adalah musim migrasi yang bergulir di musim semi dan musim gugur. Jomfruland tertutup bagi kendaraan bermotor, karena itu kita hanya bisa mengarunginya dengan berjalan kaki atau bersepeda.

 

Bergen

Bergen
Bersemayam di pesisir barat Norwegia, Bergen bisa dijangkau dari Oslo dengan menaiki pesawat dalam waktu 50 menit. Tapi perjalanan ke sana sebenarnya terlalu sayang untuk ditempuh via jalur udara. Alih-alih, Stig menyarankan paket tur Norway in a Nutshell yang mengajak turis berpindah-pindah moda transportasi sekaligus menikmati keindahan alam Norwegia: kombinasi perbukitan, lembah, serta tebing fjord. Mendarat di Bergen, Stig merekomendasikan pasar ikan di mana pengunjung bisa mencicipi aneka tangkapan lokal. Pasar ini berlokasi di jantung kota, tak jauh dari Kota Tua Bryggen yang ditaburi rumah klasik berwarna-warni. “Tempat ini pernah berperan sebagai pelabuhan perdagangan utama di Norwegia,” kenang Stig.

 

Hemsedal

Hemsedal
Destinasi ski paling terkenal di Norwegia ini pernah menjadi tuan rumah Alpine Skiing World Cup. “Rute-rute ski di sini sangat menarik. Cocok untuk profesional,” tutur Stig. Untuk mengetes batas kemampuan, Stig menyarankan black slopes, rute yang paling menantang dan cocok bagi skier kawakan. Tapi Hemsedal sejatinya tak cuma melayani penggemar ski. Usai salju mencair di musim panas, tempat ini berubah menjadi medan impian bagi pencinta trekking, sepeda gunung, serta panjat tebing. Satu pesan dari Stig jika ingin berkunjung: “hindari musim liburan, karena tempat ini akan sangat padat.”

 

Roros

Røros
Bagaikan Sawahlunto versi Norwegia, Røros adalah kota tambang yang berpaling ke bisnis pariwisata. Pada abad ke-17, Røros dikenal sebagai penghasil tembaga. Setelah masa kejayaannya berakhir, tempat ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia sekaligus destinasi wisata sejarah. Di pusat kota, kita bisa menyaksikan sekitar 2.000 rumah kayu berusia ratusan tahun peninggalan kaum penambang. “Tampilannya persis saat pertama kali bisnis tambang ditemukan di kawasan ini,” jelas Stig. >>



Comments

Related Posts

4176 Views

Book your hotel

Book your flight