8 Destinasi Menarik di Australia

Beragam tempat yang menarik dieksplorasi selain Sydney dan Melbourne.

Baird Bay
Baird Bay hanyalah sebuah desa nelayan kecil di sisi selatan negara bagian South Australia. Tapi, bagi kalangan pencinta laut, desa ini punya tempat spesial lantaran menawarkan kegiatan bahari yang langka, seru, sekaligus mendebarkan: berenang bersama kawanan singa laut. “Kita bisa melakukannya di tepi pantai,” ujar Brent. Singa laut yang berhabitat di sini tergolong satwa endemis yang dilindungi. Populasinya di alam liar kini hanya tersisa sekitar 11.200 ekor. Untuk menjangkau Baird Bay, Brent menyarankan wisatawan menaiki pesawat dari Adelaide menuju Port Lincoln, kemudian meneruskan perjalanan dengan berkendara selama 3,5 jam. “Terkesan melelahkan, tapi sangat sepadan dengan keindahan alam yang ditawarkan,” ujarnya

Margaret River
“Kawasan ini paling menyenangkan dikunjungi dengan mengendarai karavan. Ada banyak tempat menarik yang dilengkapi area kamping,” tutur Brent. Tiba di tujuan, aktivitas utamanya adalah mengunjungi winery dan brewery, serta berbelanja produk-produk peternakan lokal. Margaret River, destinasi di barat daya Australia, juga dikaruniai pesisir yang menawan. “Banyak turis datang hanya untuk menikmati wine dan keju di tepi pantai sembari menyaksikan panorama mentari terbenam,” imbuh pria yang pernah menetap di Indonesia ini. Jika menyukai petualangan, Brent merekomendasikan Gua Ngilgi yang memiliki interior menakjubkan.

Mollymook
“Hasil lautnya berkualitas prima, banyak pantainya masih perawan, dan ombaknya menarik untuk dikendarai peselancar,” jelas Brent tentang alasan mengunjungi Mollymook, kota pesisir di sisi selatan negara bagian New South Wales. Jaraknya sekitar tiga jam berkendara ke arah timur canberra. Mollymook juga memiliki lapangan golf berstandar internasional yang berlokasi di tepi pantai. Di musim-musim tertentu, pengunjung bisa mengikuti tur menyaksikan paus dan lumba-lumba. “Saya suka Mollymook karena karakter kotanya yang unik, khas kota kecil,” tambah Brent.

Uluru
Berkenalan dengan kebudayaan Aborigin merupakan pengalaman wisata khas Australia, dan Uluru adalah tempat yang ideal untuk melakukannya. “Suasananya sangat sakral. Sulit menggambarkannya,” tutur Brent. Uluru, kadang disebut Ayers Rock, adalah bongkahan batu raksasa yang dipandang suci. di siang hari, banyak orang datang untuk mengagumi tubuhnya yang memerah tersorot matahari, sementara di malam hari, kita bisa menyaksikan konstelasi bintang yang benderang di atasnya. Hingga 31 Maret, Uluru memiliki daya tarik lain berupa instalasi seni yang tersusun dari ribuan bohlam.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Maret 2018 (“Local’s Insight: Australia”).

Comments