8 Acara Wisata di Februari

Selain Imlek dan Valentine, berikut delapan agenda yang layak masuk rencana wisata bulan ini.

Kontainer yang disulap menjadi tempat pameran di Rotterdam Photo Festival. (Foto oleh Jacqueline Fuijkschot)

Rotterdam Photo Festival
Jadwal: 7-10 Februari 2019
Lokasi: Rotterdam, Belanda
Sejalan dengan status Rotterdam sebagai kota pelabuhan, Rotterdam Photo Festival memajang seluruh foto di dalam kontainer atau pada panel-panel berbahan potongan kontainer. Selain pameran, ajang sempalan Art Rotterdam Week ini menampilkan antara lain lokakarya, diskusi, serta pentas musik. rotterdamphotofestival.com.

Lampu warna-warni ditembakkan ke pohon-pohon di taman menjadi ciri khas Perth Festival.

Perth Festival
Jadwal: 8 Februari-3 Maret 2019
Lokasi: Perth, Australia
Dimulai dari “Pensi” University of Western Australia pada 1953, Perth Festival merekah jadi pergelaran tahunan yang rutin dihadiri artis ternama dari beragam disiplin. Untuk jilid 2019, magnet utamanya antara lain hutan cahaya Boorna Waanginy; sirkus Lang Toi asal Vietnam, serta pentas The Nature of Why oleh The British Paraorchestra. perthfestival.com.au.

Di Miyajima Oyster Festival, hasil laut ini diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. (Foto oleh JNTO)

Miyajima Oyster Festival
Jadwal: 9-10 Februari 2019
Lokasi: Miyajima, Jepang
Banyak orang datang ke Miyajima untuk menziarahi Itsukushima Shrine dan gerbangnya yang ikonis. Khusus Februari, pulau mungil yang berjarak sejam dari Hiroshima ini memberi tawaran yang sepenuhnya berbeda: pesta oyster. Hasil laut ini merupakan kuliner khas lokal yang paling tersohor, dan musim dingin merupakan momen terbaik untuk menyantapnya—dari segi rasa maupun harga. miyajima.or.jp.

Pertunjukan balet yang mengadopsi cerita novel populer.

The Great Gatsby
Jadwal: 15-17 Februari 2019
Lokasi: Hong Kong
Anda mungkin membaca novelnya. Sebagian sudah menonton filmnya. Di Lyric Theatre, kini kita diundang menyaksikan The Great Gatsby dalam format musikal. Pentas berdurasi 120 menit ini melibatkan penari veteran Tan-ki Wong dan perancang kostum Tim Yip yang pernah menggarap Crouching Tiger, Hidden Dragon. Musik akan dibawakan oleh Blue Syncopators bersama penyanyi E. Faye Butler. hkballet.com.

Venice Carnival akan dimeriahkan oleh orang-orang dengan kostum kolosal. (Foto oleh Matteo Chinellato)

Venice Carnival
Jadwal: 16 Februari-5 Maret 2019
Lokasi: Venesia, Italia
Durasinya panjang dan acaranya beragam. Tapi tiga suguhan berikut sebenarnya sudah cukup untuk merangkum esensi Carnival of Venice: Festa Veneziana on the Water (16 Februari), parade menaiki perahu di Canal Grande; Festadelle Marie (23 Februari), arak-arakan 12 wanita maskot; serta Mestre Carnival Street Show (23-24 Februari; 28 Februari-5 Maret) yang dimeriahkan pawai dan pentas jalanan. carnevale.venezia.it.

Tarian liong yang wajib hadir di acara Capgome. (Foto oleh Ajnan)

Capgome
Jadwal: 19 Februari 2019
Lokasi: Singkawang, Kalimantan Barat
Capgome sejatinya ditujukan sebagai penutup perayaan Tahun Baru Imlek. Akan tetapi, di Singkawang, sekitar tiga jam dari Pontianak, hari besar itu telah menjelma jadi pesta rakyat kolosal sekaligus ajang wisata nasional. Tahun lalu, Capgome di sini menampilkan lebih dari 1.000 tatung dan 20.000 lampion, serta memikat lebih dari 500.000 turis.

Nelayan berangkat melaut di Pantai Tangsi, Lombok. (Foto oleh Muhammad Fadli)

Festival Bau Nyale
Jadwal: 20 Februari 2019
Lokasi: Mandalika, Lombok
Putri Mandalika, karakter mitologis dalam tradisi Sasak, dipercaya menjelma jadi ribuan cacing laut yang mampir ke pantai selatan Lombok di awal tahun. Kegiatan menangkap dan menyantap mereka telah menjadi pergelaran budaya yang memikat turis. Penting diketahui, kemunculan cacing (atau nyale dalam istilah lokal) sepenuhnya diatur oleh alam, tapi panitia menjanjikan beragam acara meriah pada 20 Februari.

Kemeriahan LaLaLa Fest di hutan Bandung. (Foto oleh Ricko Fernando)

LaLaLaFest
Jadwal: 23 Februari 2019
Lokasi: Lembang, Bandung
Sesuai semboyannya, International Forest Festival, LaLaLaFest adalah festival musik yang digelar di hutan. Untuk jilid 2019, beberapa nama yang sudah memastikan kehadirannya adalah Years & Years (Inggris), Honne (Inggris), Jeremy Passion (Amerika Serikat), dan Crush (Korea). Untuk bintang dalam negeri, festival yang dipusatkan di Orchid Forest menampilkan antara lain Sheila On 7, Project Pop, dan Diskoria. lalalafest.com.

Tags : events
Comments