8 Acara Seru Bulan Ini

Dari sidang umum para koki hingga pameran patung terbesar di Australia, berikut delapan acara yang menarik ditonton di Oktober 2018.

acara oktober 2018
Trek tiap kategori di MesaStila Peaks Challenge akan membawa peserta menyusuri pedesaan lokasi-lokasi asri.

MesaStila Peaks Challenge
Jadwal: 5-7 Oktober 2018
Lokasi: Magelang, Jawa Tengah
Lomba lintas alam tahunan ini menawarkan medan yang menguras stamina sekaligus menghibur mata: sawah, hutan, desa, hingga lereng lima gunung. Tahun lalu, David Giannelli asal Italia sukses menyabet posisi pertama di kategori ekstrem 100 kilometer dengan catatan waktu 18 jam 12 menit, terpaut hampir dua jam dari peringkat kedua, Arief Wismoyono asal Indonesia. mpcultra.com.

Dua orang koki yang sedang unjuk kebolehan saat melakukan demo masak di acara Gastronomika. (Foto: gorkaarbaizagoitia)

Gastronomika
Jadwal: 8-10 Oktober 2018
Lokasi: San Sebastian, Spanyol
Sidang umum para koki ini mengulas tren kuliner, menjawab tantangan zaman, serta menampilkan demo masak dan sesi tasting yang melibatkan lebih dari 50 maestro dapur. Tahun ini, merayakan ulang tahunnya yang ke-20, Gastronomika mendatangkan antara lain Eneko Atxa, Joan Roca, Virgilio Martínez, dan Yoshihiro Narisawa. Selagi di sini, kunjungi restoran Mugaritz dan Arzak. sansebastiangastronomika.com.

acara oktober 2018
JeweLuxe Singapore menjadi festival perhiasan terbesar di Asia Tenggara. (Foto: Baerjewels – JeweLuxe 2017)

JeweLuxe Singapore
Jadwal: 12-21 Oktober 2018
Lokasi: Singapura
Sukses dengan debutnya pada 2017, JeweLuxe Singapore kembali tahun ini dengan suguhan yang lebih glamor dan meriah. Ajang yang dipusatkan di TENT@Ngee Ann City Civic Plaza ini akan diikuti oleh lebih dari 60 perusahaan perhiasan, arloji, serta kerajinan yang akan memajang barang-barang bernilai sekitar S$100 juta, termasuk di antaranya koleksi yang pernah dikenakan oleh selebriti dunia. jeweluxesingapore.com.

Time Capsule
Jadwal: 16 Oktober-4 November 2018
Lokasi: Jakarta
Merayakan 30 tahun perjalanannya di Indonesia, Louis Vuitton menggelar Time Capsule, pameran yang mengisahkan kiprah rumah mode ini sejak 1854. Acara yang dipusatkan di Senayan City ini akan memajang beragam kreasi ikonis dan langka Louis Vuitton. Sebelum mendarat di Jakarta, Time Capsule telah digelar di sejumlah kota, di antaranya Hong Kong, Bangkok, Berlin, dan Melbourne. louisvuitton.com.

acara oktober 2018
Salah satu instalasi Stephen Marr yang berjudul Under One Sky di Sculpture by the Sea, Bondi Beach. (Foto: Jessica Wyld)

Sculpture by the Sea
Jadwal: 18 Oktober-4 November 2018
Lokasi: Sydney, Australia
Pameran ini akan menyebar lebih dari 100 patung di pesisir sepanjang dua kilometer yang melintang dari Pantai Bondi menuju Tamarama. Sculpture by the Sea, pameran patung terbesar di Australia, dirintis pada 1997. Awalnya hanya memikat 25.000 pengunjung, hajatan ini beberapa tahun kemudian merekah jadi pameran kolosal yang didatangi ratusan ribu orang. sculpturebythesea.com.

Pertunjukan komunitas Yellow Coco Creative Arts Centre di Ubud Writers & Readers Festival. (Foto: Wirasathya Darmaja)

Ubud Writers & Readers Festival
Jadwal: 24-28 Oktober 2018
Lokasi: Ubud, Bali
Di bawah tema Jagadhita, pesta sastra terbesar di Asia Tenggara ini akan menampilkan lebih dari 160 pembicara asal 30 negara, di antaranya Sapardi Djoko Damono, Geoff Dyer, Dewi Lestari, Hanif Kureishi, serta aktivis seperti Yenny Wahid dan Ndaba Mandela. Selain diskusi dan lokakarya, festival ini menampilkan antara lain pentas musik, tur budaya, hingga aneka kelas khusus anak. ubudwritersfestival.com.

acara oktober 2018
Jeonju Bibimbap Festival menampilkan beragam pilihan masakan rumahan khas Korea. (Foto: Jeonju Bibimbap Festival)

Jeonju Bibimbap Festival
Jadwal: 25-28 Oktober 2018
Lokasi: Jeonju, Korea Selatan
Tidak jelas sebenarnya di mana bibimbap diciptakan, tapi Jeonju diakui secara mufakat oleh warga Korea sebagai tanah kelahiran versi terbaik dari nasi rames Korea tersebut. Itu pula sebabnya, Jeonju saban tahun menggelar Jeonju Bibimbap Festival. Acaranya meliputi pesta makan, demo masak, pentas kostum, hingga pasar jalanan. bibimbapfest.com.

Drama musikal School of Rock telah dinominasikan untuk empat penghargaan Tony Awards 2016, di antaranya untuk Musikal Terbaik dan Aktor Utama Terbaik: Alex Brightman. (Foto: ©Tristram Kenton)

School of Rock-The Musical
Jadwal: 31 Oktober-25 November 2018
Lokasi: Melbourne, Australia
Melbourne menjadi satu-satunya kota di selatan Khatulistiwa yang dikunjungi dalam tur musikal School of Rock. Diadaptasi dari film komedi berjudul sama, pentas yang dipusatkan di Her Majesty’s Theatre ini akan menampilkan lagu-lagu orisinal yang dipetik dari film, ditambah 14 nomor baru ciptaan komponis Andrew Lloyd Webber. au.schoolofrockthemusical.com.

Comments