8 Acara Meriah di Mei 

Dari pameran baru Macan hingga pentas cahaya Sydney, berikut delapan acara meriah bulan ini.

(Wo)man of Quality (2007) milik Mella Jaarsma jadi salah satu karya yang hadir di pameran Dunia dalam Berita.

Dunia dalam Berita
Jadwal: 1 Mei-21 Juli 2019
Lokasi: Jakarta
Terinspirasi program berita populer di TVRI, Museum Macan akan mengeksplorasi dampak jatuhnya Orde Baru dan keterbukaan informasi Era Reformasi terhadap praktik seni di Indonesia. Pameran survei ini menampilkan karya-karya dari 10 artis kondang nasional, termasuk I Nyoman Masriadi, FX Harsono, Tisna Sanjaya, Heri Dono, dan Taring Padi. museummacan.org.

Pada September 2019, pengunjung dapat menikmati karya Da Vinci di Louvre Paris. (Foto: Daniele D’Andreti)

500 Tahun Kematian Da Vinci
Jadwal: 2 Mei-Desember 2019
Lokasi: Eropa
Tahun ini, sejumlah kota di Eropa mengenang separuh milenium kepergian Da Vinci lewat beragam acara. Italia menggelar pameran nomaden Celebrating Leonardo di mulai 2 Mei, bertepatan dengan tanggal kematian Da Vinci. Pada 24 Mei, Buckingham Palace di Inggris akan membuka pameran berisi sekitar 200 karya sang artis, disusul oleh Holyrood Palace, Skotlandia, pada 22 November. Louvre Paris, rumah Mona Lisa, juga akan menggelar pameran khusus Da Vinci mulai September.

Microworld (2018) karya Liu Wei bakal hadir di Venice Biennale. (Foto: Jonathan Leijonhufvud)

Venice Biennale
Jadwal: 11 Mei-24 November 2019
Lokasi: Venesia, Italia
Untuk episode ke-58 Venice Biennale, Paviliun Indonesia akan membawa presentasi artistik bertajuk Akal Tak Sekali Datang, Runding Tak Sekali Tiba. Kreasi ini dibuat oleh tim berisi dua kurator (Asmudjo Jono Irianto dan Yacobus Ari Respati) dan dua seniman (Handiwirman Saputra dan Syagini Ratna Wulan). labiennale.org.

Pelepasan lampion yang selalu menjadi acara penutup perayaan Waisak. (Foto: Arif Tedja)

Waisak
Jadwal: 19 Mei 2019
Lokasi: Magelang, Jawa Tengah
Waisak sejatinya merupakan perayaan sakral dalam agama Buddha. Tapi, di Magelang, ajang ini telah menjelma menjadi momen magis yang menyatukan umat dari beragam keyakinan. Rangkaian prosesinya dimulai dengan iring-iringan biksu menuju sumber air suci dan api abadi, disusul dengan ziarah ke Candi Mendut dan ritual mengelilingi Candi Borobudur, kemudian ditutup dengan pelepasan 1.000 lampion.

Figuren Theater Festival jadi salah satu acara tahunan yang paling ditunggu pencinta teater boneka di Jerman. (Foto: Luigi Consalvo)

Figuren Theater Festival
Jadwal: 24 Mei-2 Juni 2019
Lokasi: Bavaria, Jerman
Figuren menampilkan pentas boneka yang dikombinasikan dengan seni tari dan media baru. Edisi tahun ini akan menampilkan 100 pementasan oleh 70 grup dari beragam negara. Figuren disebar di empat kota di kawasan Bavaria, yakni Erlangen, Nuremberg, Fürth, dan Schwabach. figurentheaterfestival.de.

Vivid Sydney merupakan festival instalasi cahaya, musik, dan gagasan terbesar sejagat. (Foto: Destination NSW)

Vivid Sydney
Jadwal: 24 Mei-15 Juni 2019
Lokasi: Sydney, Australia
Tiap musim dingin, Sydney menggelar pentas cahaya di beragam lokasi, termasuk taman, pelabuhan, kebun binatang, bulevar, serta bangunan ikonis kota. Tapi Vivid Sydney tak sekadar menampilkan permainan lampu dan laser. Panitia juga menyiapkan sejumlah diskusi dan pentas musik yang menampilkan antara lain Spike Lee, Esther Perel, serta The Cure. vividsydney.com.

Arromanches 360, bioskop dengan layar melingkar di Normandy yang memutar film dokumenter tentang operasi pembebasan Eropa dari cengkeraman Nazi. (Foto: Maryvonne DESDOITS

75 Tahun Battle of Normandy
Jadwal: 25 Mei-16 Juni 2019
Lokasi: Normandy, Prancis
Normandy, titik awal serangan balik Sekutu terhadap Nazi, akan merayakan momen spesial 75 tahun Battle of Normandy lewat beragam acara. Dalam Daks Over Normandy pada 5 Juni, sekitar 250 orang akan terbang melewati English Channel dan terjun di Normandy. Pada 6 Juni, bertepatan dengan D-Day, para kepala negara menghadiri seremoni peringatan. Acara reguler lain, D-Day Festival, menampilkan parade jalanan dari 25 Mei-16 Juni. en.normandie-tourisme.fr.

Melbourne International Jazz Festival dapat dinikmati di mana saja, bahkan di tengah-tengah taman kota! (Foto: Tourism Australia)

Melbourne International Jazz Festival
Jadwal: 31 Mei-9 Juni 2019
Lokasi: Melbourne, Australia
Bintang tamunya tahun ini antara lain Herbie Hancock, Billy Childs, Vince Jones, dan Linda May Han Oh. Berbeda dari Java Jazz, MIJF menggelar acaranya di banyak tempat, mulai dari gedung konser, kelab jazz, hingga jalan-jalan kota. Tahun lalu, festival ini disebar di 27 tempat dan dihadiri lebih dari 30.000 orang. melbournejazz.com.

Comments