8 Acara Atraktif Sepanjang Juni 

Selepas mudik Lebaran, delapan acara atraktif telah siap menanti bulan ini. 

NorthSide Festival jadi salah satu festival ramah lingkungan paling populer di Eropa. (Foto: Louise Jensen)

NorthSide Festival
Jadwal: 6-8 Juni 2019
Lokasi: Aarhus, Denmark
Dirintis pada 2010 dengan menampilkan hanya segelintir musisi lokal, NorthSide kemudian merekah jadi festival musik yang dihormati di utara Eropa. Untuk jilid 2019, bintang tamunya antara lain Alice in Chains, Tame Impala, Tove Lo, Keane, dan Jonah Blacksmith. Satu hal unik dari NorthSide adalah konsepnya yang ramah lingkungan: mayoritas penonton datang mengendarai sepeda; sampahnya didaur ulang; dan mayoritas jajanannya memakai bahan organik lokal. northside.dk.

Salah satu karya Ai Weiwei yang dipamerkan di jalan saat OpenART. (Foto: Susanne Flink)

OpenART
Jadwal: 8 Juni-1 September 2019
Lokasi: Örebro, Swedia
Diklaim sebagai bienial seni kontemporer terbesar di kawasan Skandinavia, OpenART bergulir selama tiga bulan dan memamerkan lebih dari 100 karya buatan seniman domestik dan asing. Ajang ini disebar di banyak tempat di Örebro, kota yang ditaburi banyak gedung bersejarah dan berjarak sekitar 200 kilometer dari Stockholm. openart.se.

Copa America bakal berlangsung dari 14 Juni hingga 7 Juli 2019. (Foto: Ricardo Matsukawa)

Copa America
Jadwal: 14 Juni-7 Juli 2019
Lokasi: Brasil
Copa America, kejuaraan sepak bola Amerika Selatan, akan bergulir di lima kota di Brasil: Salvador, Rio de Janeiro, Sao Paulo, Belo Horizonte, dan Porto Alegre. Selain negara tuan rumah dan Cile sebagai juara bertahan, ajang kuadrenial ini akan diikuti oleh delapan negara Amerika Selatan dan dua tamu undangan: Qatar (tuan rumah Piala Dunia 2022) dan Jepang sebagai wakil Asian Football Confederation. conmebol.com.

Great Singapore Sale akan diikuti sejumlah distrik belanja terpopuler di Singapura. (Foto: Great Singapore Sale)

Great Singapore Sale
Jadwal: 21 Juni-28 Juli 2019
Lokasi: Singapura
Singapura, destinasi belanja yang populer, menambah magnetnya saban tahun lewat Great Singapore Sale. Selain di jalur belanja populer seperti Orchard, pesta retail ini bisa dinikmati antara lain di Chinatown, Kampong Glam, dan Little India. Dalam Great Singapore Sale, banyak barang dijajakan dengan diskon menggiurkan, kadang mencapai 70 persen. Semoga THR Anda masih tersisa. gss.sra.org.sg.

Pentas tari yang ditampilkan saat Matariki Festival. (Foto: Ben Fraser)

Matariki Festival
Jadwal: 22 Juni-14 Juli 2019
Lokasi: Auckland, Selandia Baru
Pola hidup Suku Maori telah banyak berubah sejak kedatangan bangsa Eropa ke Selandia Baru di abad ke-17, tapi sistem kalender mereka setidaknya masih berlaku. Merayakan pergantian tahun, yang ditandai oleh kemunculan bintang Matariki di sisi timur langit, warga Maori menggelar festival meriah yang diawali dengan doa massal, disambung pesta budaya yang terdiri dari bazar kuliner, pentas tari, serta atraksi layang-layang. matarikifestival.org.nz.

JIPFest bakal jadi festival foto berskala internasional pertama di Jakarta. (Foto: Michael Christianto Budiman)

JIPFest
Jadwal: 25 Juni-9 Juli 2019
Lokasi: Jakarta
Jakarta akhirnya memiliki festival foto berskala internasional. Di bawah tema Identitas, JIPFest (Jakarta International Photo Festival) menampilkan belasan program yang disebar di belasan lokasi di Jakarta. Bintang tamunya antara lain Shahidul Alam (Person of the Year 2018 versi Time), Teun van der Heijden (maestro buku foto asal Belanda), serta Marina Vitaglione (Assignments Editor Panos Pictures). Firman Ichsan, mantan direktur eksekutif Jakarta Biennale, bertindak sebagai kepala kurator untuk debut festival ini. jipfest.com.

Glastonbury Festival kerap menampilkan artis dan musisi papan atas. (Foto: Glastonbury Festival)

Glastonbury Festival
Jadwal: 26-30 Juni 2019
Lokasi: Somerset, Inggris
Dirintis pada 1970, persisnya sehari setelah Jimi Hendrix mangkat, Glastonbury merupakan salah satu pelopor festival bergaya hippie dan counterculture. Ajang ini melibatkan banyak musisi dan menyediakan bumi perkemahan bagi penontonnya—format yang kemudian menginspirasi banyak festival lain. Bintang tamunya tahun ini antara lain The Killers, The Cure, Snow Patrol, Miley Cyrus, Wu-Tang Clan, Janet Jackson, serta Liam Gallagher. glastonburyfestivals.co.uk.

The Battle of Wine merupakan festival tahunan yang kerap digelar saat musim panas.

The Battle of Wine
Jadwal: 27-30 Juni 2019
Lokasi: Haro, Spanyol
Nama resminya: La Batalla del Vino. Terjemahan sopannya: Haro Wine Festival. Tapi nama populernya ialah The Battle of Wine. Formatnya mirip Songkran, tapi yang disiram bukanlah air, melainkan wine, karena itu tamu disarankan tidak memakai pakaian kesayangan. Ajang ini dipusatkan di Haro, kota produsen wine Rioja yang berjarak sekitar 90 kilometer di selatan Bilbao. batalladelvino.com.

Comments