6 Tempat Pilihan di Hong Kong

Hong Kong bisa dibilang sebagai one stop shop. Selain disebut-sebut sebagai surganya belanja, Hong Kong juga peduli dengan urusan mengisi perut. Di sini, wisatawan dapat menikmati beragam tempat makan dan restoran yang tak terhitung jumlahnya. Berikut rekomendasi para figur berpengaruh tentang tempat belanja non-mainstream hingga tempat makan favorit mereka di kota tersebut.

oleh Cristian Rahadiansyah dan Reza Idris

Foto oleh Anastasia Darsono

Aneka dim sum menggiurkan dari Tim Ho Wan.

Kuliner

Tim Ho Wan

G/F, 9-11 Fuk Wing Street, Sham Shui Po; 852/2788-1226; timhowan.com.

Direkomendasikan oleh Michael Sloan, ilustrator dan seniman andal asal Amerika Serikat yang kini menetap di Hong Kong.

Tim Ho Wan, menurut Michael, adalah “restoran dim sum terbaik di Hong Kong yang menawarkan harga terjangkau.” Satu info yang juga penting ditambahkan: Tim Ho Wan rutin menyabet bintang Michelin. Tahun ini, dari total lima cabangnya di Hong Kong, peraihnya adalah cabang North Point dan Sham Shui Po.

Hidangan khas Tiongkok di Sang Kee.

Sang Kee

2-3/F, 107-115, Hennessy Road, Wan Chai; 852/2575-2239.

Direkomendasikan oleh Andre Fu, arsitek andal yang tercantum dalam daftar Top 20 Interior Designers 2015 versi majalah Wallpaper.

Restoran ini sudah berdiri lebih dari tiga dekade, bertengger di lantai dua sebuah ruko, serta tidak memiliki etalase di muka bangunan. Mudah ditebak, mayoritas tamunya adalah pelanggan reguler. Sang Kee meracik masakan rumahan seperti stir fry, salt baked chicken, serta babi saus asam manis. “Hidangan di sini memiliki aroma yang lezat dan cita rasa lokal yang kental,” kata Andre.

The Cupping Room dengan desain yang menawan.

Kedai Kopi

The Cupping Room

Shop LG, 287-299 Queen’s Road Central, Central; 852/2799-3398.

Direkomendasikan oleh Janice Leung Hayes, pengasuh blog kuliner, pendiri sentra jajan Tong Chong Street Market, serta penulis lepas bagi sejumlah media ternama.

“Di Hong Kong, seiring meledaknya third wave coffee movement, amat mudah bagi kita untuk menikmati secangkir kopi berkualitas prima—dan favorit saya adalah The Cupping Room,” kata Janice. Kedai nyaman berisi meja-meja kayu panjang ini kerap dijadikan sarang berdiskusi dan bekerja. Popularitas tempat ini kian terkerek setelah barista-nya, Chan Kwun Ho, menyabet posisi pertama dalam Hong Kong Barista Championship 2015 dan posisi keempat dalam World Barista Championship 2015.

Desain Little Break yang ceria.

Little Break Coffee & Kitchen

Sheung Wan Shop: G/F, Xiu Ping Comm Building, 104 Jervois Street, Sheung Wan; 852/2503-3535.

Direkomendasikan oleh Aries Sin, perancang busana yang ditempatkan di jajaran Next Generation of Design Talent versi majalah Prespective.

“Gayanya chic dan santai. Lokasinya di area yang tak terlalu bising,” ungkap Aries. Sesuai namanya, Little Break Coffee & Kitchen tak sekadar menghidangkan kopi. Koleksi menunya cukup variatif. Kadang, tempat ini juga menyuguhkan pentas musik pada Sabtu malam.

Salah satu toko di Canton Road.

Belanja

Canton Road

Direkomendasikan oleh Jade Lui, selebriti kelahiran Hong Kong yang juga produser acara memasak di televisi.

Jalan raya utama yang menghubungkan Tsim Tsa Shui dan Mong Kok ini bagaikan jalur suci bagi penggemar belanja. Mal-mal besar bersemayam di tepinya, begitu pula butik-butik busana ternama dunia. “Kita bisa mendapatkan apa saja, mulai dari barang bermerek hingga kebutuhan sehari-hari,” jelas Jade. Berkat tawarannya yang lengkap itu pula, Canton Road rutin diserbu turis. “Saking banyaknya orang asing, saya kadang merasa sedang tidak berada di Hong Kong,” tambahnya.

Salah satu sudut Apliu Street yang terkenal akan barang-barang elektroniknya.

Apliu Street di Sham Shui Po, New Kowloon

Direkomendasikan oleh Arun R, DJ dan Music Curator Hotel W Hong Kong yang selama 12 tahun terakhir mengguncang kelab ternama di Hong Kong, seperti Drop, Gecko, dan Ozone.

Toko barang elektronik memang sudah tersedia di banyak mal, tapi kejayaan Apliu belumlah pudar. Kawasan belanja yang lahir pada 1930-an ini, menurut Arun, adalah “surga bagi mereka yang mencari perangkat elektronik, barang loak yang langka, dan pengalaman berbelanja gaya pasar becek.” apliustreet.hk.

 



Comments

Related Posts

2301 Views

Book your hotel

Book your flight