6 Jalur Kereta Terpanjang Dunia

Sepanjang perjalanan bersama The Canadian, penumpang bakal disajikan panorama Kanada yang memikat.

Melakukan ekspedisi menggunakan kereta membelah alam liar terdengar sangat menyenangkan. Apalagi jika menaiki kereta dengan rute terpanjang. Berikut kami kumpulkan daftar sepur yang memiliki jalur paling panjang di jagat.

Ketiga rute Trans-Siberian Railway merupakan jalur terpanjang di dunia. (Foto: Bruno Morandi)

Trans-Siberian Railway
Jarak: 9.289 kilometer
Durasi: Enam sampai delapan hari

Terkenal sebagai kereta yang memiliki jarak tempuh terpanjang di dunia, jalur Trans-Siberian dapat menembus hingga delapan zona waktu. Sepanjang jalan, penumpang akan disuguhi panorama memikat, seperti pegunungan Ural hingga arsitektur kota Kazan—lokasi satu-satunya benteng Tatar yang masih berdiri. Ada tiga jalur yang ditawarkan: Moskow ke Vladivostok (9.258 kilometer), Moskow ke Beijing via Harbin (8.986 kilometer), dan Moskow ke Beijing via Mongolia (7.621 kilometer). Jalur terakhir menjadi pilihan terpopuler, meski hanya ada satu kereta per minggu yang akan berjalan selama enam hari. Waktu terbaik melakukan perjalanan adalah Mei hingga September. transsiberianexpress.net.

The Canadian melayani Union Station di Toronto, Ontario, dan Pacific Central Station di Vancouver, British Columbia.

The Canadian
Jarak: 4.466 kilometer
Durasi: Tiga hari

Ekspedisi panjang tanpa WiFi terdengar membosankan. Namun, jalur kereta dari Toronto menuju Vancouver yang dioperasikan oleh VIA Rail ini tetap terasa menyenangkan karena ditemani pemandangan indah, mulai dari Pegunungan Rocky, hingga rimbunnya hutan Canadian Shield. Jika beruntung, penumpang dapat melihat rusa Amerika Utara dan beruang dari jendela. Tiga kelas yang ditawarkan adalah Prestige, Sleeper Plus dan Economy. Gerbong panorama dan skyline yang dilingkupi dinding kaca menjadi lokasi favorit penumpang untuk menikmati pemandangan. viarail.ca

Melewati lintasan tertinggi di dunia, yakni Tanggula Pass. (Foto: China Train Booking)

Shanghai-Lhasa Train
Jarak: 4.373 kilometer
Durasi: Tiga hari

Berawal dari Shanghai hingga ke Lhasa—ibukota Tibet, kereta ini menembus lanskap dataran rendah Tiongkok sebelum akhirnya ‘mendaki’ jalur lintasan tertinggi di dunia, yakni Tanggula Pass yang berada 5.000 meter di atas permukaan laut. Penumpang juga akan melewati Xi’an, bekas ibukota Dinasti Sui, dan danau Cona di kawasan Tibet. Kereta yang diperasikan oleh Qinghai–Tibet Railway tersebut berangkat setiap hari dan menawarkan tiga kelas, yakni Soft Sleepers, Hard Sleeper dan Hard Seat. Kelas Soft Sleepers yang menyediakan empat ranjang di kabin privat menjadi pilihan terpopuler. chinatibettrain.com.

The Indian Pacific merupakan jalur terpanjang di antara ketiga rute yang ditawarkan Great Southern Rail.

The Indian Pacific
Jarak: 4.352 kilometer
Durasi: Empat hari

Dioperasikan oleh Great Southern Rail, jalur Perth-Sydney merupakan yang terpanjang di antara tiga rute yang ditawarkan. Operator kereta yang berdiri sejak 1997 ini membawa penumpangnya mengarungi Australia, melintasi kawasan pesisir, melewati aneka suaka alam dan kota-kota bersejarah. Penumpang dapat memilih tiga kelas: Platinum, Gold Service, Red Service Sleeper dan Red Service Daynighter. Menariknya, selama Natal, Indian Pacific mengoperasikan Christmas Train dan mengundang tamu spesial, seperti Guy Sebastian hingga Human Nature untuk menghibur para penumpang. greatsouthernrail.com.au.

Saking ramainya, Dibrugarh-Kanyakumari Vivek Express seolah bertransformasi menjadi sebuah kota mungil. (Foto: ©RF Bipin)

Dibrugarh-Kanyakumari Vivek Express
Jarak: 4.273 kilometer
Durasi: Empat hari

Kereta yang dapat memuat hingga 1.800 penumpang ini menyajikan suasana autentik India. Jalurnya membelah Dibrugarh bagian utara, hingga ujung selatan Kanyakumari. Memiliki 21 gerbong yang terdiri dari tiga kelas: Second AC, Third AC, dan sleeper. Total ada 57 pemberhentian, dengan penjaja keliling yang terus bergantian masuk. Menyaksikan matahari terbenam sembari menyeruput Chai dari dalam kereta bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. indiarailinfo.com.

Eastern and Oriental Express akan membawa penumpangnya menyusuri kawasan pedesaan.

Eastern & Oriental Express
Jarak: 2.019 kilometer
Durasi: Tiga sampai empat hari

Singapura, Malaysia, dan Thailand adalah trio destinasi yang populer bagi turis Indonesia. Operator Eastern & Oriental Express menawarkan cara menarik untuk mengunjungi ketiganya sekaligus dalam satu lawatan. Penumpang dapat memilih rute Singapura-Huay Yang atau Singapura-Bangkok. Selama perjalanan, mereka dapat menikmati keindahan pedesaan Asia Tenggara, kuil-kuil yang bertengger di atas gunung atau singgah sejenak di Penang untuk menjelajahi Cameron Highlands. Daya tarik lain sepur ini adalah restorannya yang menghidangkan beragam menu atraktif karya koki Yannis Martineau dan Luke Mangan. belmond.com.

Comments