6 Island Resort di Indonesia

Beach Villa di Cempedak Island.

Secara bebas, island resort dapat diartikan sebagai opsi akomodasi liburan yang mendiami satu pulau privat dan menawarkan eksklusivitas paripurna. Dan Indonesia, negara dengan 17 ribu pulau, memiliki banyak pilihannya. Berikut enam di antaranya yang wajib Anda coba:

Cempedak Private Island
Resor ini baru dibuka pada 2017. Letaknya hanya satu setengah jam berkendara dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang, Bintan. Cempedak Private Island merupakan saudara muda dari Nikoi, resor apik yang populer di kalangan turis Singapura. Berbeda dari saudaranya, Cempedak hanya terbuka bagi turis dewasa. Sehingga resor ini absen suara teriakan anak-anak. Di atas lahan seluas 17 hektare, resor ini mengoleksi mengoleksi 20 unit vila bergaya tropis yang masing-masingnya dirakit dari bambu dan dipayungi rumbia. Ada dua tipe vila yang ditawarkan, yakni Beach Villa yang terletak persis di tepi pantai dan Seaview Villa yang menyuguhkan pemandangan laut paling lapang dari atas bukit. Setiap vila terdiri dari dua lantai. Lantai bawah dihuni ruang bersantai dan kolam renang, sementara lantai atas berisi matras. AC absen, begitu pula televisi. Fitur modern yang tersedia hanyalah speaker portabel dan koneksi internet. Moto barefoot luxury yang diusung Cempedak Private Island lebih mengajak tamu untuk melebur dengan alam alih-alih seharian menghabiskan waktu di dalam kamar. cempedak.com.

Dermaga dan akomodasi di atas air di Cubadak Paradiso Village.

Cubadak Paradiso Village
Pulau Cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan di Provinsi Sumatera Barat. Dari Padang, pulau ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan darat dan disambung dengan perahu dengan durasi total sekitar dua jam. Di sini, bersemayam Cubadak Paradiso Village, satu-satunya resor di Pulau Cubadak. Cubadak Paradiso Village menaungi 13 bungalo yang tersebar di tepi pantai. Salah satunya diletakkan menjorok ke laut dan didedikasikan bagi pasangan bulan madu. Desainnya mengutamakan kesederhanaan yakni dengan mengusung konsep rumah panggung bertubuh kayu dan beratapkan ilalang. Seluruh akomodasi didesain menghadap laut serta menghadirkan privasi mumpuni bagi tiap tamu. Resor milik pria asal Italia ini juga dilengkapi dengan sebuah restoran, fasilitas diving, serta koneksi internet berbayar. cubadak-paradisovillage.com.

Salah satu vila di Kura Kura Resort.

Kura Kura Resort
Kura Kura Resort bersarang di Pulau Menyawakan, pulau seluas 22 hektare yang menyempil di Kepulauan Karimunjawa. Meski namanya kura-kura, di pulau tersebut tak ada binatang amfibi berumur panjang itu. Menurut pemiliknya, nama kura-kura diambil dari bentuk pulau yang ditempatinya saat dilihat dari udara. Kura Kura Resort menawarkan 20 vila berukuran lapang (termasuk dua Family Pool Vila dengan luas 600 meter persegi) serta 15 cottage. Tiap vilanya mengusung desain bergaya kontemporer dan elegan, sedangkan cottage-nya lebih menonjolkan nuansa Asia dengan pemandangan langsung ke laguna. Di bawah kepemilikan dan manajemen baru, resor ini terus berbenah. Saat ini Kura Kura Resort telah dilengkapi dengan fasilitas kapal cepat—untuk transportasi dan island hopping, restoran dengan menu baru bercita rasa Mediterania, taman baru, serta sistem penyaringan air baru. Untuk urusan pelesir, resor ini juga baru saja meluncurkan Sunset Lounge dan Blue Bar di sisi timur pulau serta Spa. Pertengahan 2018, mereka juga akan menyediakan pusat kebugaran serta lapangan voli. Karena laut Kepulauan Karimunjawa yang terkenal ganas di musim-musim tertentu, resor ini hanya beroperasi dari 1 April hingga 15 November dan dapat dijangkau menggunakan kapal feri umum. Di musim ramai dari Mei hingga Oktober, Kura Kura Resort menyediakan transfer menggunakan pesawat dan kapal cepat. kurakuraresort.com.

Interior vila Bawah Private Island yang elegan.

Bawah Private Island
Pulau Bawah merupakan salah satu gugusan pulau di Kepulauan Anambas di Provinsi Riau. Pulau privat tersebut terkenal akan pantainya yang seputih tepung serta biota lautnya yang kaya. Di sini bersemayam Bawah Private Island, resor privat baru yang beroperasi sejak Juli 2017. Resor bintang lima ini mengoleksi 35 eco-villa, yang terdiri dari 21 Beach Villa, 11 Water Villa, serta tiga Garden Villa. Karena lokasinya yang masuk kawasan konservasi laut, Bawah Private Island mengadopsi konsep sustainable resort yang mempromosikan program ramah lingkungan serta melarang aktivitas-aktivitas yang membahayakan biota laut. Dengan demikian, tamu dapat tetap menikmati kehidupan laut yang asli dan tak terjamah. Tiap vilanya dibangun dengan menggunakan material kayu dan bambu yang ramah lingkungan. Masing-masing unitnya dilengkapi dengan bathtub serta penyejuk udara dan kipas angin. Layaknya resor di pulau privat, televisi absen dari tiap vila. Namun tamu tak usah khawatir merasa bosan. Resor ini menyuguhkan beragam aktivitas menarik, umpamanya berlayar, snorkeling, yoga, pilates, meditasi, serta hiking. bawahisland.com.

Seorang staf di depan akomodasi Joglo di Isle East Indies.

Isle East Indies
Mungkin ini adalah resor pulau privat yang lokasinya paling dekat dari Jakarta. Isle East Indies bersemayam di Pulau Kaliage Kecil di Kabupaten Kepulauan Seribu. Berbeda dengan resor privat lainnya, Isle East Indies hanya dapat mengakomodasi maksimum delapan tamu di atas pulau seluas satu hektare tersebut. Opsi ideal untuk liburan penuh privasi bersama teman dekat atau keluarga. Ada empat rumah yang disebar di pulau yang masing-masingnya berkapasitas dua tamu. Untuk acara kumpul-kumpul, sebuah paviliun dikerek yang juga dapat berfungsi sebagai area makan. Fasilitas lainnya yang menarik adalah yacht Raden Mas yang berlanggam klasik yang dapat digunakan untuk transfer dari Jakarta atau tur ke pulau-pulau terdekat serta menggelar sesi barbeku di bawah bintang di deknya. isleeastindies.com.

Panorama Pulo Cinta dilihat dari udara.

Pulo Cinta
Sejak dibuka pada akhir 2015, Pulo Cinta dengan cepat menjadi buah bibir di kalangan pelancong. Resor yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara ini disebut-sebut sebagai Maladewa kecil di Indonesia karena pantai berpasir putihnya serta laut turkuois yang menggoda. Nama Pulo Cinta diambil dari bentuk pulaunya yang menyerupai lambang hati. Namun ada legenda yang mengatakan bahwa pulau ini dulunya adalah tempat pertemuan rahasia antara pangeran Kerajaan Gorontalo dengan kekasihnya, putri dari seorang penjajah Belanda. Resornya sendiri mengoleksi 15 vila kayu yang dibangun di atas air berkapasitas satu hingga dua kamar tidur. Vila terbesar, dibangun di atas pulaunya dan menaungi tiga kamar tidur. Masing-masing vila dihidupi dengan panel tenaga surya. Amenitas mumpuni disematkan di dalamnya, sebut saja sistem tata suara, televisi LED 40 inci, koneksi internet nirkabel, serta ruang tamu dengan jendela raksasa menatap lautan. Pulo Cinta dapat diakses dari Gorontalo. Dari Gorontalo, perjalanan diteruskan dengan dua jam perjalanan darat ke Pelabuhan Boalemo dan 30 menit perjalanan laut. pulocinta.com.

Comments