6 Festival Musim Dingin di Dunia

Jika Anda berpikir bahwa ski adalah satu-satunya aktivitas musim dingin yang menarik, maka Anda salah. Ada banyak kegiatan musim dingin di seluruh dunia. Kami mengumpulkan enam festival musim dingin yang bisa Anda jadikan referensi liburan Anda selanjutnya.

Sean Burch, juara pertama dalam North Pole Marathon 2004. Foto: North Pole Marathon.

1—North Pole Marathon
Kutub Utara

Para petualang berusaha menaklukkan udara tipis dan suhu dingin Arktika sejak abad ke-19. Jika ingin menyaingi pamor mereka, North Pole Marathon adalah solusinya. Peserta diwajibkan mendarat di Svalbard, Norwegia, paling lambat pada 7 April, lalu terbang ke Kutub Utara untuk beradu kuat menuntaskan rute sepanjang 42 kilometer. Uang pendaftarannya tak kalah ekstrem, €11.900 atau sekitar Rp183 juta, mencakup penginapan dan tur dengan helikopter. npmarathon.com.

Pawai di Rogers Santa Claus Parade. Foto: Rogers Santa Claus Parade.

2—Rogers Santa Claus Parade
Kanada

Acara yang didesain untuk menyambut Natal ini akan menampilkan parade kendaraan hias sepanjang 1,8 kilometer di Vancouver. Sekitar 200 peserta yang berbalut kostum ceria bertema Natal bergerak dari jalan Broughton menuju Jalan Howe. Tapi Rogers Santa Claus Parade bukan semata ajang hiburan. Sesuai motonya, “spirit of giving,” acara ini juga mengajak publik berdonasi uang atau barang bagi mereka yang kurang beruntung. rogerssantaclausparade.com.

Salah satu pahatan karya seniman di Kiruna Snow Festival. Foto: Martin Smedsen.

3—Kiruna Snow Festival
Swedia

Bagi warga Kiruna, suhu yang menyentuh minus 10 derajat celsius adalah waktu ideal untuk memahat es. Kiruna Snow Festival adalah ajang kompetisi memahat es yang melibatkan lebih dari 20 pemahat internasional. Mereka bersaing memamerkan kreasi terbaiknya guna menggondol gelar Snow Sculpting Champion. Kiruna Snow Festival terinspirasi tradisi memahat es yang dimulai pada 1986 oleh warga saat merayakan peluncuran satelit Viking. snofestivalen.com/english

Instalasi seni di kanal selama Amsterdam Light Festival.

4—Amsterdam Light Festival
Belanda

Mengusung tema “Building with Light,” Amsterdam Light Festival berniat mengubah gedung-gedung sepuh di distrik kota tua menjadi kanvas bagi permainan cahaya dan warna dari para seniman internasional. Ada dua cara untuk menyaksikannya: berjalan kaki atau menyusuri kanal dengan perahu. Khusus 15 Desember, panitia akan menggelar Christmas Canal Parade, pawai berisi 40 perahu. amsterdamlightfestival.com.

Kastel terbuat dari es di Harbin Ice and Snow Festival 2012. Foto: Harbin Ice and Snow Festival.

5—Ice & Snow Sculptures Festival
Tiongkok

Bayangkan Madurodam, tapi ukurannya 10 kali lebih besar dan seluruh bangunannya terbuat dari es. Inilah daya tarik utama Harbin Ice & Snow Sculptures Festival. Ajang tahunan ini bakal menampilkan tiga zona: Sun Island Park yang memajang aneka figur berbahan salju; Zhaolin Park yang memamerkan karya seniman pahat es dunia; serta Ice & Snow World yang menampilkan taman luas berisi replika bangunan-bangunan ikonis bertubuh es. icefestivalharbin.com.

Suasana seru di Sapporo Snow Festival.

6—Sapporo Snow Festival
Jepang

Pada 1950, enam siswa di Sapporo mendirikan enam patung salju di sepanjang Taman Odori. Lima tahun kemudian, aktivitas mereka diikuti para tentara hingga melahirkan salah satu festival musim dingin terbesar di dunia. Guna memelihara sejarahnya, pergelaran ini selalu dipusatkan di Taman Odori. Ajang yang berlangsung selama seminggu ini menyuguhkan sekitar 400 pahatan dalam wujud aneka landmark ternama dunia dan tokoh tersohor Negeri Sakura. snowfes.com.

 Dipublikasikan pertama kali di majalah DestinAsian Indonesia edisi November/Desember 2013.



Comments

Related Posts

9149 Views

Book your hotel

Book your flight