6 Fakta Unik Golden Gate Bridge

Para pekerja sedang memasang kabel suspensi saat membangun jembatan Golden Gate pada tahun 1933. (Foto oleh Bettmann/Getty Images.)

Mei 2017, Golden Gate Bridge genap berusia 80 tahun. Berikut enam hal menarik tentang jembatan ikonis San Francisco tersebut.

Riwayat

Saat desain awalnya diperlihatkan ke publik pada 1922, banyak media mencibirnya “buruk rupa.” Tapi Golden Gate Bridge kemudian meroket jadi salah satu jembatan paling ikonis sejagat. Titian di atas Golden Gate Strait ini dibangun dengan biaya $35 juta, angka yang kolosal mengingat dunia saat itu tengah digoyang Depresi Besar. Fiesta Week, acara peresmian jembatan dari 27 Mei-2 Juni 1937, dimeriahkan pesta kembang api.

Spesifikasi

Lebarnya 27 meter, panjangnya 2.737 meter, sementara dua menara utamanya menjulang 227 meter. Hingga 1964, Golden Gate Bridge menyandang gelar jembatan suspensi terpanjang di dunia. Jembatan ini sengaja dikelir dengan warna “international orange” agar mudah tertangkap mata nakhoda kapal, terutama di musim kabut.

Lalu Lintas

Golden Gate Bridge dilewati ratarata 112.000 kendaraan per hari. Setidaknya tiga bayi pernah lahir di sini, dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Sepanjang sejarahnya, Golden Gate Bridge pernah ditutup tiga kali akibat angin kencang. Penutupan lainnya disebabkan oleh kunjungan Presiden Franklin Roosevelt dan Presiden Prancis Charles de Gaulle.

Atraksi

Layaknya jembatan yang berstatus landmark, Golden Gate Bridge menawarkan banyak aktivitas bagi turis. Riwayat jembatan bisa dipelajari di area pameran outdoor. Tiap Kamis dan Minggu tersedia tur jalan kaki gratis yang dikelola oleh organisasi San Francisco City Guides. Di akhir tur, turis bisa melepas lelah di Round House Café atau Bridge Cafe.

Trivia

Golden Gate Bridge merupakan jembatan yang paling sering tampil dalam film. Hingga 2015, setidaknya 23 film memperlihatkan sosoknya, mulai dari The Maltese Falcon (1941), Dirty Harry (1971), Basic Instinct (1992), hingga The Age of Adaline (2015).

Berita

Lebih dari 1.400 orang mangkat akibat bunuh diri di Golden Gate Bridge. Guna meredam aksi nekat tersebut, satuan khusus beranggotakan 22 aparat rutin berpatroli di sekitar jembatan. Pada 2015, mereka sukses menggagalkan 153 percobaan bunuh diri. Mulai tahun ini, pemerintah mengambil solusi lebih permanen guna mengatasi problem bunuh diri: memasang jaring pengaman di sepanjang sisi jembatan. Proyek senilai $204 juta ini ditargetkan rampung pada 2020.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Maret/April 2017 (“Titian Kota”).

 



Comments

Related Posts

3159 Views

Book your hotel

Book your flight