51 Restoran Ikonis di Jakarta dan Bali

Membandingkan 51 restoran, kafe, bar, dan warung ikonis yang menjadi aset utama Bali dan Jakarta dalam menjala pencinta kuliner.

RESTORAN KOKI SELEBRITI

JAKARTA

Salt Grill
Jika di Bali Luke Mangan mengusung konsep tapas, di Jakarta dia memilih format fine dining. Luke, yang kini mengelola 10 restoran, pernah memasak untuk tokoh dunia sekaliber Bill Clinton dan Richard Branson. Altitude, The Plaza Lt.46, Jl. M.H. Thamrin Kav.28-30; 021/2992-2448; saltgrillindonesia.com.

 

Kiri-kanan: Salah satu hidangan kreasi Akira; Interior Akira Back yang tidak terlalu pretensius.

Kiri-kanan: Salah satu hidangan kreasi Akira; Interior Akira Back yang tidak terlalu pretensius.

Akira Back
Gedung yang ditempatinya tampak menohok mata, tapi reputasi sang koki sejatinya lebih menyilaukan: pernah menjadi Executive Chef di Nobu Matsuhisa, tampil dalam Iron Chef America, dan terpilih sebagai koki terbaik di Las Vegas. MD Place Lt.12, Jl. Setiabudi Selatan 7; 0857-7778-8777; akirabackindonesia.com.

Amuz
Amuz adalah kombinasi antara ruangan anggun yang dihiasi lukisan maestro dan keterampilan memasak seorang koki yang pernah mengabdi untuk beragam restoran Michelin. Pada 2016, sang koki, Gilles Marx, menjadi bagian program Garuda Indonesia Star Chefs. Energy Building Lt.2, Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53; 021/2505-064; amuzgourmet.com.

BALI

Cafe Degan
Pemiliknya, Degan Septoadji, mantan juri MasterChef Indonesia, mulai menyaingi pamor William Wongso dan Vindex Tengker sebagai duta kuliner nasional. Cafe Degan mengandalkan menu Asia dan Indonesia dengan magnet utama bebek goreng, empal suwir, dan sate kambing. Jl. Petitenget 9, Kerobokan; 0813-3728-1281.

Jamie’s Italian
Kehadirannya meniupkan angin segar bagi industri restoran nasional sekaligus menjadi sebuah testimoni akan pentingnya posisi Bali dalam peta kuliner global. Restoran di samping Hard Rock Hotel ini menyuguhkan comfort food yang menjadi ciri khas pendirinya, Jamie Oliver. Jl. Raya Kuta 47; 0361/762-118; jamieoliver.com.

 

Kiri-kanan: Tangga menuju area lantai dua Hujan Locale; Menu khas Indonesia kreasi Will Meyrick.

Kiri-kanan: Tangga menuju area lantai dua Hujan Locale; Menu khas Indonesia kreasi Will Meyrick. (Foto oleh Putu Sayoga)

Hujan Locale
Debut Will Meyrick di Ubud, Hujan Locale mencerminkan lebih sempurna sosok sang pemilik sebagai koki yang giat menyambangi sudut-sudut Indonesia. Tiga menu andalannya: tahu tek Jawa Timur, tengkleng Yogya, dan bebek goreng Madura. Jl. Sri Wedari 5, Ubud; 0813-3972-0306; hujanlocale.com.

MODERNIST CUISINE

JAKARTA

OKU
Berniat memberikan sentuhan kreatif pada konsep lawas, restoran Jepang ini merujuk resep-resep tradisional, lalu menyajikannya dalam presentasi modern yang menghibur. Dapurnya dipimpin oleh Kazumasa Yazawa, mantan koki Izy Dining dan Waku Ghin. Hotel Indonesia Kempinski, Jl. MH Thamrin 1; 021/2358-3896; kempinski.com.

Colonial
Restoran bergaya Inggris 1930-an ini dilengkapi Molecular Bar dengan koleksi minuman yang imajinatif, salah satunya bloody mary yang disajikan di atas sendok hingga terlihat mirip menu pembuka. Lippo Mall Kemang, Jl. Pangeran Antasari 36; 021/2905-6891; colonial-jakarta.com.

Namaaz Dining
Namaaz bukan cuma restoran gastronomi molekuler pertama di Indonesia, tapi juga yang pertama yang menerapkan aliran tersebut pada menu Indonesia. Kokinya, Andrian Ishak, mendalami ilmu memasaknya dari buku dan internet. Jl. Gunawarman 42, Kebayoran Baru; namaazdining.com.

BALI

Blanco par Mandif
Eksperimen berani dari seorang koki muda asal Biak, Blanco par Mandif menyuguhkan menu Indonesia dalam format degustation. Sosok restoran mirip sebuah secret dining: koridor berisi sembilan kursi yang bertengger di bawah lahan parkir. Jl. Raya Tjampuhan, Ubud; 0361/4792-284; blancoparmandif.com.

Cuca
Bermodalkan keterampilan gastronomi molekuler yang ditempa di Arzak dan elBulli, koki Kevin Cherkas bermigrasi ke Bali dan mendirikan restoran yang menghidangkan menu-menu inovatif dengan harga terjangkau. Jl. Yoga Perkanthi, Jimbaran; 0361/708-066; cucaflavor.com.

 

Presentasi hidangan yang elok di Mejekawi.

Presentasi hidangan yang elok di Mejekawi.

Mejekawi
Meski dilengkapi laboratorium berisi peralatan gastronomi molekuler yang komplet, Mejekawi relatif kalem dalam hal presentasi menu—menjadikannya tempat ideal bagi Anda yang mendambakan makanan dengan visual yang menggugah tapi tidak absurd. Ku De Ta, Jl. Kayu Aya 9, Seminyak, Bali; 0361/736-969; kudeta.com.

BEACH CLUB

JAKARTA

Segarra
Pembukaannya pada 2007 membuat publik tersentak: pesisir utara Jakarta ternyata tidak sesuram yang dibayangkan. Selain bar dan restoran, beach club pertama dan satu-satunya di Ibu Kota ini menawarkan area resepsi pernikahan. Carnival Beach Ancol, Jl. Lodan Timur 7; 021/6471-0101; segarraancol.com.

BALI

Nikki Beach
Kehadirannya pada akhir 2014 membuat kawasan MICE Nusa Dua terasa lebih muda dan seksi. Beach club sensual ini terkenal akan pesta-pestanya yang dicirikan dengan busana (atau bikini) putih dan musik yang mengguncang, bahkan di dalam kolam renang. Sofitel Nusa Dua, BTDC Lot N5; 0361/8492-900; nikkibeach.com.

 

Area bersantai di Sundara.

Area bersantai di Sundara.

Sundara
Usai direnovasi total, beach club yang dulu bernama PJs ini tampil jauh lebih segar dan memikat. Area bersantainya yang menghadap pantai dilengkapi kolam renang infinity sepanjang 57 pestameter, menjadikan Sundara beach club dengan kolam terpanjang di Bali. Four Seasons Jimbaran; 0361/708-333; sundarabali.com.

Karma Beach
Walau mengenakan tarif masuk dan tidak memiliki kolam renang, tempat ini menjanjikan pantai dengan privasi lebih dibandingkan beach club lainnya. Agar lebih ramah bagi tamu keluarga, Karma Beach menyediakan kid’s club. Karma Kandara, Jl. Villa Kandara, Ungasan; 0361/8482-200; karmagroup.com.

MAKANAN JALANAN

JAKARTA

Nasi Goreng Kebon Sirih
Selain menyuguhkan nasi goreng kambing yang dimasak dalam penggorengan sebesar antena parabola, tempat ini merupakan wadah ideal untuk bercengkerama dengan kaum nokturnal Jakarta, mulai dari pembalap jalanan, pengamen, hingga clubber. Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng.

Nasi Uduk Zainal Fanani
“Nasi uduk Kebon Kacang” begitu masyhur hingga menjadi merek generik yang bisa ditemukan di banyak tempat di Jakarta. Khusus di lokasi orisinalnya, warung milik Pak Zainal adalah salah satu yang memiliki fan berlimpah. Jl. Kebon Kacang 8 No.5, Tanah Abang, 021/3190-3863.

Gado-Gado Direksi
Namanya merefleksikan pelanggannya: direksi bank. Menurut rumor, ajudan Gus Dur dan Megawati pernah singgah untuk membeli makan siang. Galibnya gado-gado, keunggulan hidangan tempat ini terletak pada kesegaran sayur dan kelezatan sausnya. Jl. Pintu Besar Selatan 2 No.16, Glodok; 021/9253-1495.

BALI

Warung Mak Beng
Berdiri mengantre persis di belakang orang yang sedang makan adalah aktivitas jamak di sini saban siang. Warung Mak Beng sejatinya menawarkan menu “triumvirat” yang sangat simpel—nasi, sup ikan, dan ikan goreng—tapi kesedapan kuah dan sambalnya rawan memicu ketagihan. Jl. Hang Tuah 45, Sanur; 0361/282-633.

 

Warung Bu Weti yang senantiasa ramai di jam sarapan.

Warung Bu Weti yang senantiasa ramai di jam sarapan. (Foto oleh Putu Sayoga)

Nasi Campur Bu Weti
Inilah salah satu alasan banyak turis di Sanur enggan sarapan di hotel. Nasi Campur Bu Weti beroperasi hingga siang hari, tapi masakannya kerap sudah ludes saat mentari masih miring di timur. Penting diingat, di sini tak ada nomor antrean, jadi pupuk keahlian bersabar sebelum datang. Jl. Segara Ayu, Sanur; 0813-3828-1866.

Babi Guling Pak Dobiel
Para pencinta kuliner selalu berdebat tentang siapa yang berhak menyandang gelar babi guling terlezat di Bali: Pak Dobiel atau Ibu Oka. Berita baiknya, keduanya berada di lokasi yang berbeda. Di warung Pak Dobiel di Nusa Dua, babi guling disajikan dalam format sate, lawar, dan sup. Jl. Srikandi 9, Nusa Dua; 0361/771-633.

KEDAI KOPI

JAKARTA

One Fifteenth Coffee
Namanya melambangkan rasio antara kadar kopi dan air yang ideal untuk menghasilkan secangkir kopi yang sempurna. DestinAsian Indonesia pernah meminta Edy Panggabean, pakar dan penulis buku kopi, untuk mengevaluasi 10 kedai di Jakarta, dan One Fifteenth menorehkan poin yang impresif. Jl. Gandaria 1/63; 021/722-5678; 1-15coffee.com.

ST. ALi
Cabang dari kedai kopi tersohor asal Melbourne, ST. ALi berniat memperkenalkan tradisi brunch autentik khas Australia. Tahun ini, baristanya mewakili Indonesia dalam ajang World Barista Championship. Gedung Setiabudi II, Jl. H.R. Rasuna Said Kav.62, Kuningan; 021/5290-6814; stali.com.au.

 

Tanamera kini mulai banyak membuka cabang di Jakarta dan Tangerang.

Tanamera kini mulai banyak membuka cabang di Jakarta dan Tangerang.

Tanamera
Kedai yang mengandalkan biji-biji kopi Nusantara ini bagaikan sekte dengan penganut fanatik. Pada 2016, Tanamera menyabet penghargaan bergengsi Champion International Roaster dalam Australian International Coffee Awards. Jl. Kebon Kacang Raya, Thamrin; 021/ 2962-5599; tanameracoffee.com.

BALI

The Library
Mulai populer di kalangan hipster, kedai yang didirikan oleh Grup Coffee Library ini menawarkan interior fotogenik dengan langit-langit tinggi, sudut-sudut untuk membaca, serta beragam biji kopi Arabika dari pelosok Indonesia. Jl. Kayu Aya 50, Seminyak; 0818-763-769; thecoffeelibrary.co.id.

Revolver
Kedai ini laksana kuil suci bagi laskar penggemar kopi tulen. Andaikan gagal mendapatkan kursi, hubungi saja cabangnya di Jalan Petitenget yang melayani jasa pesan-antar, atau kunjungi Milk & Madu yang membeli kopinya dari Revolver. Jl. Kayu Aya, Gang 51, Seminyak; 0851-0088-4968; revolverespresso.com.

 

Furnitur unik di Seniman.

Furnitur unik di Seniman. (Foto oleh Putu Sayoga)

Seniman
Kedai ini berada di tubir gang sempit dan menempati dua rumah sederhana yang saling berhadapan. Desainnya rustic, sementara kopinya disajikan dengan sentuhan manis berupa jajanan pasar dan air putih di atas nampan yang menyerupai tongkat pemukul dalam kriket. Jl. Sriwedari 5, Ubud; 0812-3607-6640; senimancoffee.com.



Comments

Related Posts

4355 Views

Book your hotel

Book your flight