5 Warung Pilihan Michelin Guide di Singapura

Teks dan foto oleh Yohanes Sandy
Videografer: Gerry Habir 
Video Editor: Raden Haryo Suryadi

Michelin Guide setiap tahun mengeluarkan daftar Bib Gourmand di beberapa kota dunia. Tidak seperti daftar Michelin Guide yang fokus pada restoran-restoran berbintang dengan harga selangit, Bib Gourmand lebih mendedikasikan daftarnya pada tempat-tempat makan dengan harga yang ramah di kantong. Pada 2018, setidaknya ada 50 warung dan restoran di Singapura yang masuk daftar tersebut. Kami mengunjungi lima di antaranya.

Hidangan di Lian He Ben Ji disajikan di kuali tanah liat panas.

Lian He Ben Ji Claypot
Warung yang menempati dua kios di pujasera ini sudah beroperasi sejak 1973. Buka mulai pukul 18, warungnya selalu padat pengunjung di jam makan malam. Warung ini menyajikan nasi dengan cara memasak mirip bibimbap yang disajikan dengan pilihan topping ayam atau sosis babi.
Lokasi: Chinatown Complex, Lantai 2 Unit 198-199.

wisata kuliner singapura
Harga seporsi nasi hainan dibanderol mulai dari SGD3.

Tiong Bahru Hainanese Boneless Chicken Rice
Ini adalah salah satu warung legendaris di pujasera Tiong Bahru Market. Sesuai namanya, kedai makan ini menyediakan nasi hainan dengan cita rasa gurih yang disajikan dengan potongan ayam. Ayamnya disajikan tanpa tulang dengan metode digoreng atau direbus. Dagingnya lembut dan bumbunya meresap sempurna.
Lokasi: Tiong Bahru Market, Lantai 2 Unit 82.

Hidangan carrot cake yang melegenda. Cita rasanya bikin ketagihan.

Heng Carrot Cake
Sempat tersorot kamera di film Crazy Rich Asians, kedai ini terletak di salah satu pujasera yang cukup populer di kalangan turis. Dioperasikan oleh sepasang suami istri, kedai ini menyajikan hidangan carrot cake khas Singapura dengan pilihan rasa: asin atau gurih-manis. Menariknya, carrott cake dibuat dadakan sebelum kedainya menerima pembeli pukul 18.
Lokasi: Newton Food Center, Unit 28

wisata kuliner singapura
Kwetiau dengan bumbu kecap yang menggugah selera.

Outram Park Fried Kway Teow Mee
Di pujasera tempatnya bernaung, Outram Park merupakan salah satu gerai dengan pengunjung terbanyak. Menunya hanya satu: kwetiau goreng. Di jam-jam makan antreannya bisa mengular dengan durasi menunggu minimum 30 menit.
Lokasi: Hong Lim Food Center, Lantai 2 Unit 17.

wisata kuliner singapura
Porsi paling mahal dari laksa ini disajikan dengan topping daging lobster.

Sungei Road Trishaw Laksa
Penjual laksa ini bersemayam di bawah atap yang sama dengan kedai kwetiau Outram Park. Digemari oleh para pencinta laksa, kedai ini menawarkan laksa mi dengan kuah yang tidak terlalu pekat. Tiap laksa disuguhkan dalam tiga pilihan porsi: kecil, sedang, dan besar. Menu paling mahal disajikan dengan topping daging lobster dan porsi yang royal.
Lokasi: Hong Lim Food Center, Lantai 2 Unit 66.

Comments