5 Tempat Kongko di Ketinggian di Surabaya

Bar ikonis di Citilites.

Oleh Yohanes Sandy

Surabaya tak hanya menawarkan wisata kuliner atau wisata budaya sebagai daya tarik pariwisatanya. Sebagai kota metropolitan kedua di Indonesia, kota ini juga menyimpan wadah-wadah kongko yang bersemayam di gedung-gedung jangkung. Berikut lima rekomendasi kami:

Citilites Skyclub & Bistro
Disebut-sebut sebagai pionir rooftop bar di Kota Pahlawan, Citilites bersarang di lantai 21 Hotel Java Paragon. Wadah kongko ini menaungi sebuah bistro dan bar semi-outdoor  dengan meja bar akrilik berbentuk bulat. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan kota secara leluasa. Atmosfernya cocok untuk mengobrol sembari menyesap koktail maupun segelas wine. Untuk mengisi perut, Citilites menawarkan beragam hidangan bintang lima dari bistronya. Menunya fokus pada hidangan internasional dengan pilihan-pilihan seperti steik, pasta, hingga lobster. Agustus 2018, tempat ini merampungkan bedah estetika dan kini tampil dengan wajah baru. Jl. Mayjen. Sungkono No. 101-103, Dukuh Pakis; 031/562-1234; javaparagon.com.

Area terbuka di Skycave yang menyajikan pemandangan gedung-gedung jangkung di Surabaya.

Skycave Bar & Lounge
Lokasinya sedikit berjarak dari pusat kota, namun panorama yang ditawarkan justru memikat: panorama gedung-gedung tinggi di kawasan distrik bisnis Surabaya. Skycave bersarang di lantai 11 Hotel MaxOne Dharmahusada. Selain pemandangan kota, pesona lain dari tempat kongko ini adalah desain langit-langitnya yang dilapisi replika stalaktit. Menunya pun cukup menggugah. Di kolom makanan pengunjung bisa memilih aneka sajian lokal maupun internasional, sementara kolom minumannya didominasi bir dan koktail. Cicipi juga racikan minuman berbahan soju. Jl. Dharmahusada No.189, Gubeng; 0822-4473-6699; maxonehotels.com.

Interior warna-warna Kooffee + Roof Bar.

Kooffee+Roof Bar
Dirilis pada 2015, tempat ini oleh para penulis kuliner lokal disebut sebagai rooftop bar pertama di Surabaya yang mengusung konsep playful. Dinding dihiasi mural, furnitur terbuat dari tong, hingga kolam renang dengan ayunan menegaskan ciri khas restoran dan bar yang didesain untuk tamu milenial ini. Bersarang di lantai 11 Hotel G-Suites, menu makanan yang ditampilkan merupakan racikan koki hotel. Opsi yang ditawarkan pun variatif mulai dari tapas hingga rawon. Didesain untuk tamu muda, koktail absen dari menu—hanya bir yang tersedia di kategori minuman alkohol. Sebagai gantinya, tamu dihadapkan pada pilihan kopi dan mocktail. Jl. Raya Gubeng No. 43, Gubeng; 031/501-1001; gsuiteshotel.com.

Tags : Surabaya
Comments