5 Sunday Brunch Favorit di Jakarta

Tak bisa dimungkiri, sesi Sunday brunch sudah menjadi bagian dari gaya hidup di Ibu Kota. Meskipun waktunya kini bergeser (bukan pagi menjelang siang namun mulai dari jam makan siang), sesi makan besar di Minggu itu masih digandrungi warga Jakarta—terutama untuk ajang kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Untuk itu, kami mengunjungi, mengetes, dan mengulas lima tempat yang menawarkan sesi Sunday brunch mumpuni.

Oleh Yohanes Sandy
Video oleh Sadam Dwi Satria dan Aryo Nugroho

sunday brunch jakarta
Kiri-kanan: Tim kuliner Bengawan Restaurant secara ajek merotasi tema menunya; sajian kepiting ala Singapura dipadu dengan sampanye premium.

Bengawan Restaurant
Restoran ini bersarang di lantai tujuh Keraton at The Plaza, Jakarta. Sesi brunch digelar mulai dari pukul 12 hingga 15 saban Minggunya. Disebut-sebut sebagai salah satu brunch termewah di Jakarta, sesi makan prasmanan ini menawarkan beragam hidangan dengan bahan-bahan premium, seperti kerang, lobster, caviar, foie grass, serta daging sapi Kobe. Selayaknya sesi brunch di hotel, sejumlah hidangan dimasak langsung sesaat setelah dipesan, sebut saja sajian foie grass serta caviar yang tersaji di caviar station. Seluruh menu yang disajikan dirotasi setiap pekannya agar pengunjung tak bosan.

Seluruh hidangan yang disajikan merupakan kreasi dari Syaiful, komandan dapur Keraton at The Plaza Jakarta. Pria yang baru saja bergabung dengan hotel bintang lima tersebut pernah mengabdi di dapur-dapur restoran tersohor di Amerika Serikat dan Timur Tengah.

Selain menghadirkan hidangan-hidangan berkualitas terbaik, Champagne Brunch ini juga menawarkan paket dengan pilihan minuman sampanye Chandon dan Moet Chando sepuasnya. Selain itu, mereka juga menyajikan jus-jus segar, bir, serta berbagai macam koktail. Agar sesi makan lebih berkesan, seorang DJ juga didaulat untuk menghadirkan musik-musik chill. Informasi lebih lanjut, hubungi Keraton at The Plaza di 021/5030-2993.

sunday brunch jakarta
Interior Jakarta Restaurant.

Jakarta Restaurant
Jika ada daftar restoran premium di Jakarta yang secara konsisten menghadirkan brunch dengan menu-menu yang ditunggu, maka Jakarta Restaurant adalah salah satunya. Restoran yang bersemayam di The Dharmawangsa Jakarta ini sudah bertahun-tahun dikenal sebagai tempat yang paling ideal untuk mencicipi hidangan Nusantara premium. Dapurnya sempat dipegang oleh Vindex Tengker sebelum akhirnya digantikan oleh Felix Budisetiawan yang tak kalah bertalenta.

Sunday brunch di sini dimulai dari pukul 12 hingga 15. Menu-menunya sungguh membuat jatuh cinta. Ia menawarkan aneka seafood segar mulai dari lobster hingga oyster dan caviar hingga hidangan khas Nusantara yang diolah dari bahan-bahan terbaik. Hidangan yang wajib dicoba saat Sunday brunch adalah lobster thermidor, hidangan khas Prancis yang di sini disajikan dengan bumbu Manado yang sedikit pedas. Menu unggulan lainnya, mencakup aneka hidangan sate di grill station, sajian khas India, dan yang paling populer, masakan-masakan khas Nusantara. Tiap pekannya, menu tradisional Indonesia yang menjadi jagoan di sini dikeluarkan secara bergantian, misalnya nasi liwet, bakso loncat, nasi campur Dharmawangsa, dan gulai sapi. Sebagai penutup, tersedia juga aneka kue, es krim, serta jajanan pasar khas dalam negeri. Informasi lebih lanjut, hubungi The Dharmawangsa Jakarta di 021/720-4174.

sunday brunch jakarta
Kiri-kanan: Aneka daging cold cuts yang hanya tersedia di sesi Sunday Brunch Orient8; interior elegan Orient8.

Orient 8
Orient 8 merupakan salah satu restoran yang menjadi bagian dari Hotel Mulia Senayan. Fokusnya menyajikan hidangan-hidangan menggugah selera yang terinspirasi kuliner Prancis dan Asia. Sesi brunch di sini dimulai pada pukul 12 hingga 15. “Konsepnya berbeda dengan makan siang dan malam,” ujar Deri Jindhar, Communications Manager. Untuk brunch, Orient 8 menawarkan menu yang lebih banyak serta cold cuts station yang menyajikan daging-daging cold cuts dan keju terbaik. “Kami juga baru menambahkan grill station yang menyediakan aneka daging dan seafood bakar,” ungkapnya.

Mulai acara santap siang Anda dengan aneka selada segar, seperti selada mangga khas Thailand. Kemudian lanjutkan dengan aneka pilihan sushi dan sashimi. Untuk hidangan utama, mereka juga menawarkan banyak opsi mulai dari seafood paella hingga steik. Seluruhnya disajikan secara prasmanan. Selain menu-menu yang dihadirkan di meja, Orient 8 juga menghadirkan hidangan yang disajikan langsung ke meja dengan porsi-porsi kecil. Selain itu, mereka juga memiliki food cart yang rutin menyambangi meja tiap tamu menawarkan hidangan yang menggugah selera. Informasi lebih lanjut, hubungi Hotel Mulia Senayan di 021/574-7777.

sunday brunch jakarta
Interior restoran Open} yang terletak tepat di samping area kolam renang.

OPEN} Restaurant
Restoran ini terletak di lantai dasar DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro. Letaknya yang bersemayam di sisi kolam laguna luas menghadirkan nuansa restoran resor yang kental. Tapi bukan hanya itu yang menjadi daya tariknya, menu-menu yang ditawarkan pun memikat

Sesi makan siang dapat dimulai dengan pilihan dim sum atau mi bakso yang keduanya terletak berdekatan. Beranjak ke menu utama, selain menyediakan menu-menu internasional seperti steik dan pasta, tim kuliner OPEN} Restaurant juga menyuguhkan beragam pilihan masakan Indonesia bercita rasa autentik seperti lontong sayur, opor ayam, ayam taliwang, serta masih banyak lagi. Bagi mereka yang menggemari piza, jangan lewatkan piza rendang yang jadi andalan mereka.

Menariknya, selain dapat menyantap hidangan sepuasnya, sesi brunch di sini juga sudah termasuk akses ke kolam renang serta kids’ club. “Cocok untuk tamu berkeluarga,” pungkas Lisa Natalia, Marketing Communications Executive. Informasi lebih lanjut, hubungi DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro di 021/3190-4433.

sunday brunch jakarta
Area semi-outdoor di restoran Cork & Screw cabang Plaza Indonesia.

Cork & Screw
Cork & Screw cabang Plaza Indonesia merupakan salah satu restoran independen yang berhasil menghadirkan cita rasa kuliner yang konsisten. Sesi brunch di sini pertama kali dirilis pada 2014 dan berhasil memiliki penggemar seiring berjalannya waktu. Menu brunch di sini didesain untuk mengakomodasi seluruh anggota keluarga maupun orang tersayang dengan konsep ala carte. Pilihannya pun beragam, sebut saja tenderloin steak and eggs, salmon asap, hingga menu khas Indonesia seperti lontong sayur dan bubur ayam. Selain itu tersedia juga menu sarapan favorit seperti bagel, French toast, dan eggs benedict. Seluruh hidangan merupakan kreasi dari Benoit Claeys, koki muda yang pernah bekerja di dapur Loewy dan KOI Jakarta.

Selain menu makanan yang impresif, Cork & Screw juga menyediakan beragam pilihan koktail dan wine. Salah satu yang wajib dicoba adalah sangria tinta dan bloody mary. Sesi Sunday brunch ini tersedia setiap akhir pekan dari pukul 11 hingga 16. Informasi lebih lanjut, hubungi Cork & Screw di 021/3199-6659.

Comments