5 Resor Keluarga di Bintan

Selain menargetkan tamu berpasangan, Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau juga mulai membidik tamu-tamu keluarga. Kecantikan garis pantainya yang panjang serta kekayaan budaya penduduknya membuat Bintan menjadi salah satu alasan berkunjung ke Bintan. Kami memilihkan lima resor yang tak hanya nyaman namun juga memiliki segudang aktivitas keluarga.

Kolam renang Angsana Bintan yang megah.

Angsana Bintan
Resor yang didesain ramah keluarga ini memayungi 111 kamar dan suite. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan balkon privat yang menyajikan pemandangan langsung ke Laut Cina Selatan. Untuk akomodasi seluruh keluarga, akomodasi yang ideal adalah Angsana Suite. Pasalnya, suite ini memiliki dua kamar tidur, dapur, serta ruang makan dan ruang keluarga yang lapang. Apalagi tiap unit Angsana Suite juga dilengkapi dengan sundeck privat, kolam jet pool, serta taman.

Untuk hiburan sikecil, Angsana Bintan menawarkan aktivitas edukatif seperti penanaman koral dan pelepasan tukik besutan laboratorium konservasi milik mereka. Selain mengikuti program konservasi, anak-anak juga dapat menghabiskan waktu di Kids’ Club ataupun mengikuti aktivitas outdoor yang tersedia, yakni mulai dari trekking hingga tur sepeda. Bagi yang malas meninggalkan resor, properti grup Angsana Hotels ini juga menawarkan area rekreasi serta fasilitas olahraga air di dalam kompleks hotel.

Aktivitas yang ditawarkan tak hanya untuk anak-anak. Tersedia juga pilihan paket golf bekerja sama dengan Laguna Golf Bintan. Klub tersebut memiliki lapangan golf rancangan Greg Norman serta dua lapangan tenis. Usai olahraga, tamu dapat bersantai di Angsana Spa yang terletak di area resor.

 

Pemandangan Club Med Bintan. Hotel ini baru saja merampungkan renovasi besar-besaran.

Club Med Bintan Island
Hotel ini termaktub di Top 25 Hotels for Families versi TripAdvisor’s Travellers’ Choice Awards. Club Med Bintan Island memiliki 311 kamar dan suite dengan fasilitas yang sangat lengkap untuk pengalaman menginap yang nyaman dan sempurna. Untuk aktivitas liburan, resor tersebut menawarkan aneka kegiatan menarik, umpamanya flying trapeze, sesi yoga di pantai privat, atau olahraga aqua fitness. Untuk anak-anak, Club Med Bintan juga menyajikan beragam program menarik yang dibagi menjadi tiga kategori: Petit Club Med (2-3 tahun), Mini Club Med (4-10 tahun), dan Juniors’ Club (11-17 tahun). Masing-masing kategori menawarkan program-program memikat. Agar anak-anak aman, tiap aktivitas anak didampingi oleh Gentil Organisateur atau pengawas bersertifikat. Bagi tamu dewasa, resor ini juga memiliki sejumlah aktivitas yang dapat dipilih seperti panahan, selancar angin, snorkeling, berlayar, serta sesi golf di Ria Bintan Golf Club.

 

Interior salah satu vila di Holiday Villa Pantai Indah.

Holiday Villa Pantai Indah
Holiday Villa Pantai Indah didedikasikan bagi mereka yang mendambakan liburan dengan privasi mumpuni. Resor ini menaungi 40 vila mewah yang dirancang untuk tamu keluarga maupun berpasangan. Vilanya menawarkan opsi akomodasi satu hingga empat kamar yang masing-masingnya dilengkapi dengan kolam privat serta interior cantik. Tawaran aktivitas yang tersedia di resor yang bersemayam di sisi timur Lagoi Bay ini mencakup snorkeling maupun menyelam di pantai privat mereka.

 

Pemandangan Nirwana Gardens dengan pantai berpasir putih.

Nirwana Gardens
Nirwana Gardens, kompleks terintegrasi yang yang menaungi empat hotel dan vila di atas lahan seluas 330 hektare. Kompleks ini menawarkan opsi akomodasi untuk segala kebutuhan mulai dari tamu keluarga hingga bulan madu. Nirwana Resort Hotel merupakan penginapan yang didesain untuk tamu keluarga. Hotel ini memiliki 241 kamar dan suite yang baru-baru ini menjalani bedah estetika. Wajah baru kamarnya kini mengusung desain minimalis dengan sentuhan elemen tropis. Materialnya fokus pada kayu dengan warna-warna lembut. Properti lainnya adalah Mayang Sari Beach Resort yang didedikasikan bagi tamu berpasangan. Hotel ini memiliki 51 gazebo beratapkan rumbai yang dikerek di tepi pantai. Bagi mereka yang mendambakan pengalaman liburan eksklusif, Banyu Biru Villa menawarkan 15 vila yang masing-masingnya dicetak dua lantai dengan amenitas yang prima. Menariknya, vila ini juga dapat digunakan bagi tamu keluarga karena memiliki pilihan dua hingga empat kamar tidur. Sedangkan Indra Maya Pool Villa sangat ideal bagi tamu-tamu premium. Resor tersebut hanya memiliki delapan vila yang dikerek di bukit menghadap ke Laut Cina Selatan. Masing-masing vila dilengkapi dengan kolam privat, bangunan yang lapang, halaman, ruang keluarga dan ruang makan yang terpisah, serta dapur lengkap dengan peralatannnya. Opsi akomodasi tertingginya adalah vila Nirwana yang memiliki empat suite. Bagi mereka yang menyukai penginapan bergaya pondokan tradisional, Nirwana Gardens juga memiliki Nirwana Beach Club, resor dengan 42 kabana yang berdiri di sela-sela pohon kelapa di tepi pantai. Resor ini juga ideal bagi mereka yang mencintai olahraga air.

 

The Canopi yang berdiri di tepi laguna air asin buatan terbesar di Asia Tenggara.

The Canopi
Penginapan yang berdiri di kawasan Treasure Bay ini memikat tamu dengan sesuatu yang beda: glamping. The Canopi menawarkan 100 akomodasi berbentuk tenda safari yang disebar di atas lahan seluas dua hektare. Sesuai kaidah glamping atau kamping mewah, masing-masing tendanya dilengkapi dengan pendingin udara, televisi LCD, matras dan karpet yang nyaman, serta koneksi WiFi. Tak hanya itu, tiap tenda juga memiliki outdoor hot tub, hammock, serta tungku barbeku.

Aktivitas yang ditawarkan pun cukup mumpuni. Tamu yang menginap di sini akan mendapatkan akses ke hutan bakau, pantai, serta Crystal Lagoon, laguna buatan seluas 6,3 hektare—terbesar di Asia Tenggara. Sementara itu, resornya sendiri juga mengoleksi permainan air yang cukup komprehensif mulai dari Jetovator, wakeboarding, skuter air, dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang alergi terhadap air laut, tersedia juga rental skuter elektrik, segway, dan motor ATV.

 

Tur menyusuri sungai yang dipagari hutan bakau lewat paket Mangrove Tour.

Guna membuat liburan keluarga semakin berkesan, Bintan juga memiliki sejumlah objek wisata menarik yang lokasinya cukup dekat dari lima resor di atas. Berikut opsinya yang layak dicoba:

Mangrove Discovery Tour
Tur berdurasi 60 menit tersebut akan membawa pengunjung menyusuri Sungai Sebung yang membelah hutan bakau yang terletak tak jauh dari kompleks Bintan Resorts. Di sini pengunjung dapat melihat beragam tanaman bakau lengkap dengan satwa liarnya. Tak hanya itu, sepanjang tur pengunjung juga dapat melihat aktivitas nelayan menangkap kepiting atau udang di sungai. Tersedia juga tur malam hari bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Safari Lagoi
Safari Lagoi merupakan rumah bagi puluhan hewan langka seperti orangutan, komodo, beruang madu, gajah, serta seekor buaya dengan panjang mencapai enam meter. Selain berfungsi sebagai pusat penangkaran, Safari Lagoi juga memiliki pusat budi daya tanaman. Kebun ramah lingkungannya ditanami padi, jagung, buah naga, serta beberapa tanaman lainnya. Di sini, pengunjung dapat belajar mengenai tata cara bercocok tanam warga lokal. Usai tur edukatif, pengunjung juga diajak untuk mencicipi aneka hidangan yang diolah menggunakan buah dan sayuran yang dibudidayakan di Safari Lagoi.

Kiri-kanan: Suasana Lagoi Bay Lantern Park; Odong-Odong yang bisa disewa oleh pengunjung Lagoi Bay.

Lagoi Bay
Lagoi Bay dibangun untuk menjadi jantungnya Bintan. Kawasan terpadu dengan luas 1.300 hektare ini merupakan one stop destination bagi turis. Di sini pengunjung dapat menjajal memancing di danau air asin seluas 2,5 hektare, bersantai di pantai, tur di Plaza Lagoi menggunakan kendaraan Odong-Odong, atau menikmati aneka permainan lampu di Lagoi Bay Lantern Park. Untuk urusan perut, di Lagoi Bay juga terdapat restoran-restoran dengan aneka pilihan menu memikat mulai dari sajian tradisional hingga seafood.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.bintan-resorts.com.



Comments

Related Posts

7937 Views

Book your hotel

Book your flight