5 Resor di Gili Matra

Lumbung yang menjadi akomodasi Karma Reef.

Pasca ratusan gempa yang mengguncang Lombok pada Agustus silam, destinasi wisata favorit kedua setelah Bali ini tampak tak ingin berlama-lama berduka dan siap menyambut wisatawan. Usai menata kembali objek wisata dan akses transportasi serta menggelar aneka festival dan lomba sebagai bentuk pemulihan diri masyarakat, beberapa resor di kepulauan Gili sudah tampak berjalan seperti semula.

Lokasi Gili Matra (Meno, Air, dan Trawangan) yang berdekatan dan memiliki beragam pilihan penginapan ini sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau kilat (island hopping). Berikut lima akomodasi yang bisa Anda pilih.

Karma Reef – Gili Meno
Resor milik Grup Karma Royal yang terdapat di Gili Meno ini dapat dijadikan alternatif bagi pelancong yang ingin merasakan liburan dengan suasana tenang dan intim. Dengan pantai di halaman depan dan hutan liar di halaman belakang, Karma Reef hadir sebagai penginapan premium yang menjanjikan pengalaman menginap berkesan. Tiap unit berwujud cottage yang berbentuk lumbung dan mengadopsi unsur rumah adat Sasak.

Untuk urusan perut, serahkan pada Karma Beach Club yang menawarkan kuliner lezat diolah dari bahan baku lokal. Selain punya beragam aktivitas air, Karma Reef juga dilengkapi dengan fasilitas spa unik yang dilaksanakan di tenda eksklusif semi terbuka yang terletak di samping Karma Beach Club. Dusun Gilimeno, Gili Indah, Pemenang, Lombok; karmagroup.com; 0370/630-981 (resor), 0361/849-8889 (reservasi).

Setiap bangunan Gili Air Lagoon Resort berhadapan langsung dengan kolam renang.

Gili Air Lagoon Resort – Gili Air
Berlokasi di Gili Air, resor seluas 2,3 hektare ini hanya berjarak 45 menit berkendara dari Bandara Lombok. Properti yang dioperasikan oleh Platinum Hotel Management ini berkonsep pondok kayu yang mengusung arsitektur khas Lombok. Setiap bangunan ditata apik membentuk lingkaran yang berhadapan langsung dengan kolam renang.

Seluruh vila tak hanya dilengkapi dengan ruang tidur, kamar mandi, dan beranda pribadi, namun juga fasilitas AC, TV layar datar, WiFi, hingga mesin pembuat kopi. Untuk kuliner, akomodasi tersebut menyediakan barbeku dengan hidangan restoran dan bar. Menariknya, resor ini juga memiliki beragam aktivitas air yang menarik, sebut saja berkano, menyelam dan snorkeling. Gili Air, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; giliairlagoon.com; 0813-3879-6106.

Suasana tropis kental terasa di setiap pondok-pondok Oceano Jambuluwuk Resort.

Oceano Jambuluwuk Resort – Gili Trawangan
Selayaknya hotel bintang 5, resor yang bersemayam di kawasan Gili Trawangan ini memiliki fasilitas dan layanan mumpuni. Oceano Jambuluwuk Resort menawarkan kamar yang terbagi dalam enam kategori: Superior Room, Deluxe Garden, Deluxe Premier Lumbung, Family Suite, Premier Beachfront Suite, dan Private Pool Villa. Resor ini hanya berjarak 10 menit menggunakan kereta kuda dari Pelabuhan Gili Trawangan, sedangkan 30 menit menggunakan perahu dari Pelabuhan Bangsal di Lombok.

Terdapat tiga pilihan gerai F&B, yakni Lombok Café & Coffee Shop yang menyediakan makanan lokal dan internasional, Pasir Beach Bar untuk menikmati minuman segar, dan Pemenang Sport Bar yang biasanya digunakan untuk menonton pertandingan olahraga. Fasilitas lainnya mencakup area bermain anak, kolam renang outdoor, hingga trek jogging, dan area voli pantai.  Jl. Pantai Gili Trawangan, Gili Indah, Pemenang, Lombok, Nusa Tenggara Barat; oceanojambuluwukresort.com. 0370/619-4854.

Baca juga: Resor Rejuvenasi di Gili MenoMenjemput Senja di Gili Trawangan

Salah satu sudut area bersantai di Aston Sunset Beach Resort yang bisa digunakan tamu atau pengunjung bar dan restoran.

Aston Sunset Beach Resort – Gili Trawangan
Pada pertengahan April 2014, Archipelago Internasional merilis merek Aston, yaitu Aston Sunset Beach Resort. Jaringan hotel internasional asal Indonesia ini mengakuisisi Queen Villa & Spa, dengan memiliki 114 kamar, 10 one bedroom pool villa, serta satu royal pool suite. Tak sulit untuk menemukan lokasi properti ini, Aston Sunset Beach Resort bersemayam di Sunset Point, tempat para turis menikmati pemandangan mentari terbenam bersanding dengan Gunung Agung.

Sambil menikmati mentari terbenam, pasokan makanan disuplai oleh restoran Sunset Grill & Bar sementara hiburan disediakan oleh Voodoo Bar & Lounge. Restoran milik hotel tersebut melayani sarapan hingga makan malam dengan menu internasional. Pulau Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat; astonhotelsinternational.com; 0370/633-686.

Salah satu vila di Les Villas Ottalia yang dilengkapi dengan kolam renang pribadi.

Les Villas Ottalia – Gili Trawangan
Terletak di tengah perkebunan kelapa dan hanya berjarak tujuh menit bersepeda dari Pantai Gili Trawangan, Les Villas Ottalia mengusung konsep resor ramah lingkungan yang memayungi empat kategori kamar: Bungalo, Vila Superior, Vila Deluxe satu dan dua kamar. Seluruh vila memiliki kolam renang pribadi, sedangkan bungalo punya akses langsung ke kolam renang utama resor.

Tiap kamar dilengkapi TV layar datar, akses internet, AC, mini bar dan kamar mandi dengan amenitas lengkap. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan selama menginap di resor ini, mulai dari snorkeling, memancing, berkuda, bersepeda, naik gunung, hingga ikut kelas memasak. Gili Trawangan, Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; lesvillasottaliagili.com; 0878-6185-4989.

Comments