5 Destinasi Wine di Australia

Selain alamnya yang indah, Australia juga terkenal akan produksi winenya yang mendunia. Berikut lima daerah di Negeri Kanguru yang cocok untuk menikmati keduanya:

Pemandu tengah mengajak pengunjung mencicipi wine di tengah kebun anggur di Leeuwin Estate Winery di Margaret River. (Foto oleh Tourism Australia)

Margaret River
Lokasinya hanya sekitar tiga jam berkendara dari Perth. Margaret River bersemayam di pesisir negara bagian Western Australia dan memproduksi sekitar tiga persen dari jumlah total produksi wine di Australia. Dengan suhu udara mendekati suhu di kawasan Bordeaux, Prancis, Margaret River terkenal akan hasil wine jenis cabernet sauvignon, sauvignon blanc dan chardonnays. Menariknya, sekitar 20 persen produksi wine di Margaret River masuk kategori premium. Setidaknya ada sekitar 200 wineries di sini dan beberapa di antaranya adalah produsen kecil. Mayoritas wineries di sini juga terbuka untuk tamu publik.

Halaman dengan pemandangan memikat di Audrey Wilkinson Vineyard, Hunter Valley yang kerap digunakan untuk piknik oleh pengunjung. (Foto oleh Tourism Australia)

Hunter Valley
Bagi Anda yang berkunjung ke Sydney, maka Hunter Valley merupakan tempat terdekat untuk menikmati beragam wine. Daerah pelesir ini jaraknya hanya sekitar dua jam berkendara dari pusat kota Sydney. Setidaknya ada sekitar 120 tempat produksi wine yang bisa disambangi di sini. Mayoritas mereka memproduksi wine jenis semillon dan shiraz. Opsi terbaiknya adalah mengikuti tur yang akan membawa pengunjung ke beberapa winery, termasuk Tyrrell’s Wines (tyrrells.com.au) yang memiliki pabrik wine tua yang dibangun pada 1864.

Balon udara terbang pelan di atas kebun anggur di Yarra Valley. (Foto oleh Visions of Victoria)

Yarra Valley
Wilayah ini merupakan penghasil wine tertua di Inggris. Produksi wine sudah dilakukan di sini sejak 1838. Untuk menjangkaunya, pengunjung bisa menaiki kereta atau bus dari Melbourne. Namun opsi terbaik adalah menggunakan mobil rental atau mengikuti tur yang berangkat dari Melbourne. Dari Melbourne, Yarra Valley dapat dijangkau sekitar satu jam berkendara. Di kawasan yang terkenal sebagai produsen wine jenis chardonnay dan pinot noir ini pengunjung dapat menikmati wine sembari menunggu mentari terbenam di balik pegunungan. Selain itu, tersedia juga beberapa operator tur balon udara yang bisa diikuti oleh wisatawan.

Danau privat yang terletak di kompleks Josef Chromy Wines. (Foto oleh Josef Chromy Wines)

Relbia
Relbia merupakan kawasan wine yang terletak di tepi danau di Northern Tasmania. Salah satu winery yang cukup terkenal adalah Josef Chromy Wines (josefchromy.com.au). Di sini tur ke kebun-kebun wine ditawarkan sekaligus dengan aktivitas memancing ikan di danau. Usai memancing, tamu dapat melakoni aktivitas wine tasting sebelum ditutup dengan makan siang di restorannya.

d’Arenberg Cube, bangunan empat lantai yang menaungi museum dan restoran di d’Arenberg Wines di McLaren Vale.

McLaren Vale
Kawasan ini dapat dijangkau dari Adelaide dengan waktu tempuh sekitar 45 menit berkendara. Dijuluki sebagai “red wine country,” McLaren Vale terkenal akan produksi shiraz, cabernet sauvignon dan grenache yang diolah di lebih dari 80 winery yang tersebar di seluruh penjuru. Salah satu yang terkenal adalah d’Arenberg (darenberg.com.au) yang sudah beroperasi sejak 1912. Selain itu, winery ini merupakan satu-satunya di Australia yang memproduksi wine dengan proses basket press. Proses ini merupakan cara pembuatan wine dengan menekan buah anggur di dalam sebuah wadah berongga hingga sarinya keluar. Penekanan dilakukan secara saksama agar biji anggur tidak hancur dan merusak rasa wine. Daya tarik lainnya adalah d’Arenberg Cube, bangunan anyar dengan desain atraktif yang menaungi museum dan restoran dengan panorama McLaren Vale.

Comments