5 Aplikasi Kuliner Jempolan di Asia

  • Kini menemukan tempat makan di destinasi liburan Anda menjadi lebih mudah.

    Kini menemukan tempat makan di destinasi liburan Anda menjadi lebih mudah.

  • Penampilan Burpple di ponsel pintar iPhone dan Android.

    Penampilan Burpple di ponsel pintar iPhone dan Android.

  • Salah satu foto yang diunggah oleh pengguna aplikasi.

    Salah satu foto yang diunggah oleh pengguna aplikasi.

  • Penampilan salah satu fitur OpenRice.

    Penampilan salah satu fitur OpenRice.

Click image to view full size

Makan adalah hal yang krusial bagi manusia. Wisata kuliner adalah hal yang menyenangkan bagi pelancong. Sensasi mencicipi makanan lokal di suatu kota atau negara membuat travelling berkesan. Untuk rujukan, kita biasanya berpegang pada ulasan di internet maupun media massa lokal. Namun sekarang Anda tak perlu repot membawa majalah maupun kertas catatan untuk menemukan restoran lokal yang hendak dicoba. Dunia digital memungkinkan kehadiran aplikasi ponsel pintar yang bisa menjadi panduan Anda menjelajah kuliner lokal. Aplikasi tersebut umumnya bisa digunakan untuk mencari alamat, mengunggah foto, serta memberikan review pendek mengenai tempat makan. Berikut adalah lima aplikasi kuliner yang cukup populer di Asia yang bisa membantu Anda menjelajah peta makanan kaki lima hingga restoran bintang lima.

Burpple
Aplikasi buatan Singapura ini menyediakan informasi tempat makan di lebih dari 3.300 kota di 115 negara. Akan tetapi fokusnya adalah negara-negara destinasi wisata Asia seperti Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Jepang, Cina, dan Thailand. Burpple memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto lengkap dengan informasi tempat, tanggal, dan waktu Anda menikmati sebuah makanan. Aplikasi ini juga terkoneksi ke Facebook dan Twitter yang memungkinkan Anda berbagi ke pengguna lain menggunakan fitur bernama “reburp”. Foto-foto, review, dan komentar-komentar bisa dikelompokkan dalam sebuah kategori untuk kemudian digunakan lagi kelak.

Informasi lebih lanjut, kunjungi burpple.com.

OpenRice
Diluncurkan di Hong Kong pada 1999, OpenRice menjelma menjadi panduan kuliner di Asia. Aplikasi OpenRice membantu penggunanya menemukan restoran terdekat melalui sistem GPS yang telah disusun rapi berdasarkan jenis kuliner. Pengguna juga bisa mengunggah foto, membaca ribuan ulasan dari pengguna lain, hingga mendapatkan kupon diskon. Umurnya yang lebih dari satu dekade membuat aplikasi ini memiliki banyak penggemar dan beberapa di antaranya sering menggelar acara kumpul-kumpul. OpenRice tersedia di Hong Kong, Macau, Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Thailand.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi openrice.com.

Zomato
Zomato memiliki data lebih dari 3 juta makanan dari 95.000 restoran di 21 kota di delapan negara. Meskipun mayoritas restoran di daftarnya terletak di India, Zomato juga memiliki informasi mumpuni berisi daftar menu, foto, dan peta restoran-restoran di Uni Emirate Arab, Inggris, Sri Lanka, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengguna juga bisa mencari restoran berdasarkan alamat, jenis masakan, dan nama. Jika Anda berteman dengan pengguna lain, Zomato akan membuatkan rekomendasi personal berdasarkan ulasan teman Anda. Zomato juga bisa mencatat restoran mana saja yang telah Anda kunjungi.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi zomato.com.

FoodKing
Tahun lalu, raksasa periklanan Jepang, Dentsu, merilis fitur pelacak kuliner khusus untuk iPhone bernama FoodKing. Beda dengan aplikasi lain yang memetakan tempat makan, FoodKing memetakan makanan! Cara kerjanya: FoodKing lebih memanfaatkan aspek sosial penggunanya di mana mereka bisa berteman dengan sesama pengguna, bertukar pesan, serta berbagi foto dan ulasan mengenai sebuah restoran. Menurut FoodKing, mereka akan menambah lebih banyak kategori makanan fokus pada sajian lokal.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi itunes.apple.com.

Menoo!
Aplikasi ini lebih menarik lagi. Menoo! adalah aplikasi wisata kuliner yang menghadiahi penggunanya dengan diskon-diskon atas kontribusi mereka. Semakin banyak foto dan ulasan yang diunggah serta memfavoritkan posting pengguna lain maka poin akan bertambah dan bisa dikumpulkan. Untuk saat ini Menoo! hanya tersedia di Amerika Serikat, Singapura, Thailand, dan Indonesia dengan database mencapai 260.000 restoran dan akan terus bertambah. Salah satu fitur paling membantu di aplikasi ini adalah peta dan penunjuk arah. Menoo! dilengkapi dengan teknologi Location-Based Service serta terintegrasi dengan Google Maps dan Blackberry Maps untuk mempermudah penggunanya menemukan tempat makan dengan cara yang unik. Bila Anda menempatkan ponsel Anda sejajar dengan mata, Menoo! bisa menunjukkan keberadaan restoran tersebut dengan mode street-view.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi mymenoo.com.

Share this Article


Comments

Related Posts

4538 Views

Book your hotel

Book your flight