5 Alasan Berkunjung ke Bintan

Parasailing di Nirwana Gardens.

Aktivitas
Aktivitas air berlimpah di Bintan, dan selalu ada opsi kegiatan untuk setiap orang. Mulai dari berenang di Pantai Trikora, snorkelling di Pulau Beralas Pasir, hingga menyelam di sekitar Pulau Nikoi, air senantiasa menjadi pusat kegiatan di Bintan. Wahana air di sini juga beragam, baik yang natural maupun buatan, contohnya Crystal Lagoon, laguna seluas 6,3 hektare yang berisi air laut yang telah difilter. Di sini, kita bisa mencoba beragam aktivitas air seperti wakeboard, jet-ski dan Jetovator, kendaraan bertenaga air yang memacu adrenalin.

Jika Anda lebih menyukai kegiatan di darat, kayuh sepeda menyusuri berbagai jalur sepeda di dalam dan di luar resor. Untuk opsi petualangan yang lebih hemat tenaga, naiki ATV lalu jelajahi medan berpasir, rute di tengah hutan, dan area pesisir. Sementara untuk aktivitas bugar tanpa kendaraan, Anda bisa mencoba trekking menembus hutan alami sembari menghirup udara segar dan menguji batas stamina.

Jika ingin menyaksikan lanskap Bintan dari ketinggian, pilihan yang paling pas adalah paralayar. Aktivitas ini tersedia berdasarkan permintaan. Suguhannya dijamin memuaskan: panorama fotogenik pulau dari sudut pandang seekor burung.

Kamping belum terlalu populer di Bintan, tapi tetap menarik dicoba. Salah satu bumi perkemahan di pulau ini adalah Poyotomo Gunung Bintan yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Air Terjun Gunung Bintan. Jika menginginkan kamping versi glamor (glamping), Bintan memiliki The Canopi Resort di Treasure, kompleks berisi 200 tenda bergaya safari ini yang mengombinasikan kenyamanan modern dan nuansa petualangan.

Padang golf juga tersedia di Bintan. Bahkan Bintan telah lama menyandang reputasi sebagai salah satu destinasi golf terbaik di Indonesia. Pulau ini memiliki empat lapangan yang dirancang oleh selebriti terpandang dari dunia golf, yakni Jack Nicklaus, Greg Norman, Gary Player, dan Ian Baker-Finch.

Panorama Club Med Bintan Island yang menawan.

Resor
Bintan mengoleksi lebih dari 30 hotel dan resor, yang mayoritas terkonsentrasi di tiga area utama: Kota Tanjungpinang dan kawasan sekitarnya di selatan pulau; gugusan Pantai Trikora di bagian timur; serta Lagoi di belahan barat laut.

Pulau ini melayani segala macam segmen. Bagi mereka yang berlibur bersama keluarga, Club Med dan Sahid menawarkan berbagai kegiatan, baik indoor maupun outdoor, untuk segala umur. Sementara di Nirwana Resort dan Bintan Lagoon Resort, Anda bisa menemukan kolam renang berukuran besar dan berbagai kegiatan seru seperti mengendarai ATV, bermain kayak, bersepeda, dan masih banyak lagi dalam kawasan yang terintegrasi. Artinya, Anda bisa menikmati beragam kesenangan di satu area tanpa harus repot berpindah-pindah jauh ke banyak tempat.

Jika Anda menyukai kamping glamor (glamping), The Canopi Resort didesain untuk menghadirkan atmosfer safari. Khusus mereka yang mengutamakan desain, Cassia mungkin pilihan yang lebih pas. Cocok untuk mereka yang berwisata dalam rombongan, properti terbaru yang dibuka di Lagoi pada 2017 ini menawarkan hunian berbentuk apartemen, dengan ruang komunal yang lapang untuk memasak dan bercengkerama.

Di Bintan, Anda juga akan menemukan merek-merek global seperti Banyan Tree dan Angsana, serta resor-resor butik mewah semacam The Sanchaya, Nikoi Private Island, dan Cempedak Private Island. Cempedak baru saja diluncurkan pada 2017, sementara beberapa properti lain dijadwalkan menyusul dalam waktu dekat. Alila Villas dan Four Points by Sheraton berencana membuka pintunya pada awal 2018, sementara Holiday Inn Resort dan Hotel Indigo akan menerima reservasi kamar pada 2019.

Artikel ini merupakan kemitraan antara DestinAsian Indonesia dan Bintan.

Comments