5 Akuarium Terbesar di Dunia

Chimelong Ocean Kingdom saat ini memiliki akuarium terbesar di dunia.

Film Finding Dory sudah beredar di pasaran. Di dalamnya, terdapat adegan Dory masuk ke akuarium raksasa dengan ribuan makhluk laut di dalamnya. Apakah akuarium seperti itu hanya ada di dalam dunia film animasi saja? Ternyata tidak. Ada beberapa akuarium berukuran masif yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan beberapa di antaranya sanggup menampung beberapa pasang hiu paus! Kami tampilkan lima yang terbesar:

Chimelong Ocean Kingdom

Wahana yang berlokasi di Hengqin, Zhuhai ini merupakan bagian dari Chimelong International Ocean Resort. Kompleknya sendiri disebut-sebut sebagai “Orlando-nya Tiongkok.” Chimelong Ocean Kingdom menaungi beberapa zona tematik dan akuarium. Akuarium terbesarnya adalah Whale Shark Exhibit Aquarium yang menampung ribuan binatang laut termasuk empat hiu paus! Akuarium ini dilengkapi dengan kaca berukuran 39,6 x 8,3 meter. Selain akuarium, zona-zona tematiknya juga menarik untuk dilirik. Bahkan di sini pengunjung juga bisa melihat langsung beruang kutub. int.chimelong.com.

Marine Life Park

Letaknya paling dekat dengan Indonesia. Marine Life Park bersemayam di kawasan Resort World Sentosa, Singapura di atas lahan seluas delapan hektare. Tempat ini memayungi dua wahana, yakni S.E.A. Aquarium dan Adventure Cove Waterpark. S.E.A. Aquarium dipecah menjadi 10 zona edukatif, seperti zona Strait of Karimata & Java Sea, Open Ocean, Ocean Journey, serta masih banyak lagi lainnya. Jika digabung, seluruh akuarium di S.E.A. Aquarium sanggup menampung 45 juta liter air dan 100 ribu satwa laut dari 800 spesies yang berbeda. Akuarium yang paling menarik adalah Open Ocean yang berisi 50 ribu ikan dan memiliki salah satu kaca akuarium berukuran raksasa: 38 x 8,2 meter. Kaca tersebut didesain untuk memberikan sensasi pengunjung sedang berada di dasar laut. rwsentosa.com.

Georgia Aquarium

Terletak di Atlanta, Amerika Serikat, akuarium gigantik ini resmi beroperasi pada November 2005 dengan biaya pembangunan mencapai 250 juta dolar. Dirancang oleh Jeff Swanagan, akuarium ini mengoleksi lebih dari 100 ribu binatang laut yang terdiri dari 500 spesies. Akuariumnya dipecah menjadi empat zona, yakni Ocean Voyager, Coldwater Quest, River Scout, dan Tropical Diver. Salah satu primadonanya adalah ikan hiu paus yang ditempatkan di tangki Ocean Voyager yang berkapasitas 24 juta liter air. Selain akuarium, tempat ini juga dilengkapi dengan ballroom yang kateringnya dipegang oleh Wolfgang Puck. georgiaaquarium.org.

Okinawa Churaumi Aquarium

Objek wisata ini terletak di Ocean Expo Park di Perfektur Okinawa. Akuarium utamanya, Kuroshio Sea, berkapasitas 7,5 juta liter air dan merupakan rumah bagi ribuan ikan dan binatang laut lainnya termasuk hiu paus dan manta. Sejarah akuarium ini dimulai dari 1975 saat bangunan tersebut masih bernama Okinawa Commemorative National Government Park Aquarium. Di sini pula mereka meneliti dan mengembangbiakkan hiu paus sejak 1980. churaumi.okinawa.

Dubai Aquarium & Underwater Zoo

Ini adalah satu-satunya akuarium raksasa yang terletak di dalam mal. Lokasinya tepat di tengah-tengah Dubai Mall, mal terbesar di dunia. Akurium tersebut mampu menampung 10 juta liter air dan lebih dari 33.000 binatang laut termasuk 400 hiu dan manta. Selain melihat-lihat ikan dari luar akuarium, di sini pengunjung juga bisa “bermain” langsung dengan hiu melalui Cage Snorkeling. Wahana ini mengajak tamu menyelam ke dalam akuarium  dengan bantuan para penyelam profesional untuk melihat dari dekat binatang-binatang laut—termasuk hiu. thedubaiaquarium.com.

Comments