5 Akomodasi Tenda Mewah di Indonesia

Lima properti di Indonesia yang menawarkan akomodasi berwujud tenda, tapi dengan pelayanan bintang lima.

 

Kiri-kanan: Pemandangan dari tenda The Menjangan Dynasty; Pantai indah di sekitar resor.

Kiri-kanan: Pemandangan dari tenda The Menjangan Dynasty; Pantai indah di sekitar resor.

Menjangan Dynasty
Setelah lama vakum, kawasan barat laut Bali kembali dilirik investor. Selain The Menjangan Resort yang beroperasi sejak 2002, kini telah tersedia Plataran Menjangan yang diresmikan akhir tahun lalu. Agustus 2016, giliran Prime Plaza meluncurkan Menjangan Dynasty Resort. Berbeda dari tetangganya, Menjangan Dynasty menyuguhkan konsep glamping. Properti ini menaungi 28 tenda yang masing-masingnya dilengkapi televisi dan pemutar DVD. Bermukim di semenanjung, Menjangan Dynasty menyuguhkan panorama lautan di ketiga sisinya. Pulau Menjangan bisa dilihat langsung dari tenda. Saat cuaca cerah, tamu bisa mengintip gunung-gunung di Jawa Timur. Buleleng, Bali; 0361/752-403; mdr.pphotels.com; doubles mulai dari Rp2.500.000.

 

Kiri-kanan: Beberapa tenda di Sandat dilengkapi kolam privat; Interior tenda yang nyaman.

Kiri-kanan: Beberapa tenda di Sandat dilengkapi kolam privat; Interior tenda yang nyaman.

Sandat Glamping Tents
Bagi Sandat, glamping adalah salah satu bentuk penginapan ramah lingkungan. Tafsir itulah yang coba diejawantahkannya melalui penggunaan bahan-bahan natural dan daur ulang. Di luar filosofi hijau tersebut, Sandat mengutamakan kemewahan dalam aspek desain, dan pendekatan yang diusungnya cukup unik: kombinasi antara kesederhanaan Bali dan keglamoran Italia. (Sandat adalah sister property Glamping Canonici di Mirano.)

Di tenda tipe Penjor misalnya, tamu bisa menemukan kriya lokal dan lantai rustic yang berpadu dengan kandil dan cermin bergaya Venetian. Sandat, bagian dari Secret Retreats, menawarkan lima tenda dan tiga lumbung. Yang terakhir ini mungkin lebih tepat disebut “glambarn” berhubung bentuknya berandang. Jl. Subak Sala, Ubud, Bali; 0821-4408-1998; glampingsandat.com; doubles mulai dari Rp3.585.000.

 

Kiri-kanan: Tenda-tenda di Trizara; Sesi yoga pagi hari di Trizara.

Kiri-kanan: Tenda-tenda di Trizara; Sesi yoga pagi hari di Trizara.

Trizara
Resor ini bertengger di lahan seluas tiga hektare di puncak Lembang. Mencapainya sangat mudah, sebab jalan menuju resor seluruhnya sudah beraspal. Usai melewati gerbang resor yang mirip India Gate di Delhi, tamu akan disambut oleh staf resepsionis di bawah sebuah tenda lapang yang berada tak jauh dari pilar berarsitektur Mughal.

Sentuhan India ini merupakan inisiatif dari sang pemilik, Kunal Topandasani. “Saya ingin memberikan sedikit sentuhan India,” ujarnya. Trizara mengoleksi 47 tenda dengan kapasitas dua hingga empat orang. Tenda untuk tamu pasangan terpisah jauh dari tenda untuk keluarga. Setiap tenda dilengkapi balkon yang menghadap lembah dan gunung. Pemandangan terbaik tersaji di pagi hari saat mentari menyembul di balik gunung dan kabut menyelimuti lembah.

Walau ideal sebagai wadah menyepi, resor ini menawarkan banyak aktivitas yang menarik, seperti kelas yoga di pagi hari, piknik di sore hari, bermain board game, dan berkumpul di api unggun di malam hari. Jl. Pasirwangi Wetan, Lembang, Jawa Barat; 022/8278-0085; trizara.com; doubles mulai dari Rp1.950.000.

 

Kiri-kanan: Desain tenda Canopi Resort Bintan; Ukuran kamarnya cukup luas.

Kiri-kanan: Desain tenda Canopi Resort Bintan; Ukuran kamarnya cukup luas.

The Canopi
Akhir tahun lalu, tahap pertama Treasure Bay Bintan diluncurkan. Megaproyek ini menampung sejumlah properti yang di tata mengelilingi sebuah laguna berukuran 50 kolam renang Olimpiade. The Canopi adalah salah satu resor yang dibuka di tahap pertama ini. The Canopi menaungi 41 tenda yang dilengkapi taman di mana tamu bisa memasang hammock dan menggelar pesta barbeku. Kompleks Treasure Bay terkoneksi ke hutan bakau, dan di sinilah The Canopi menggelar banyak aktivitas outdoor seperti trekking dan tur kayak. Treasure Bay Bintan, Kepulauan Riau; 770/692-252; adventureglamping.com; doubles mulai dari Rp1.850.000.

 

Kiri-kanan: Tenda di Amanwana; Salah satu aktivitas pelesir yang bisa dilakukan di Amanwana.

Kiri-kanan: Tenda di Amanwana; Salah satu aktivitas pelesir yang bisa dilakukan di Amanwana (Foto oleh Putu Sayoga).

Amanwana
Diresmikan pada 1993, Amanwana adalah perintis glamping di Indonesia. Resor ini berlokasi di tepian Pulau Moyo, Sumbawa. Kehadirannya seolah menyadarkan banyak orang bahwa kawasan yang jauh dari sirkuit turis pun bisa menjadi magnet dunia, setidaknya bagi kaum VIP yang mendambakan privasi. Beberapa mantan tamunya adalah madam dari Kerajaan Inggris, pangeran asal Belanda, bintang film Mandarin, serta diva asal Amerika. Amanwana menyuguhkan 20 tenda putih yang berbaris di kaki pepohonan rindang. (Kata staf resor, Putri Diana dulu menginap di tenda nomor 20.) Saban sore, rusa berkeliaran di antara tenda. Pagi harinya, tamu akan dibangunkan oleh suara kawanan monyet. Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; 0371/222-33; aman.com; doubles mulai dari Rp11.000.000.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi September/Oktober 2016 (“Tenda Trendi”).



Comments

Related Posts

7841 Views

Book your hotel

Book your flight