4 Ekshibisi Pernikahan di Indonesia

Empat pameran pernikahan di Indonesia yang menyuguhkan vendor variatif dan berkualitas.

Gaun yang dipamerkan di Jakarta Wedding Festival, ajang tahunan yang digelar di Jakarta Convention Center.

Oleh Iman Hidajat
Pemimpin Redaksi Weddingku

Bermacam pameran pernikahan—mulai dari skala kecil yang dilangsungkan di mal hingga yang berukuran gigantik dan berisi ratusan vendor—bisa ditemukan hampir setiap bulannya di banyak kota besar di Indonesia. Perkembangan industri MICE di ceruk ini tentu tak lepas dari pertumbuhan populasi pasangan usia nikah dan selera pesta pernikahan yang kian variatif.

Pameran pernikahan lahir dari kebutuhan. Publik membutuhkan inspirasi dan informasi untuk menggelar pesta pernikahan, dan pameran memudahkan mereka untuk mendapatkannya sekaligus membandingkannya di bawah satu atap. Dari sekian banyak pameran pernikahan di Indonesia, berikut empat yang layak dijadikan rujukan.

Ikapesta Wedding Expo
Diikuti lebih dari 180 vendor dan dikunjungi lebih dari 10.000 orang setiap tahunnya, Ikapesta Wedding Expo merupakan pameran pernikahan terbesar di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ajang ini dipusatkan di PRPP Convention Center Semarang dan diselenggarakan oleh organisasi Ikatan Pengusaha Jasa dan Perlengkapan Pesta (Ikapesta). Berkat konsistensi dan kemasannya yang berkualitas, Ikapesta Wedding Expo senantiasa dirujuk oleh pasangan yang akan menikah, terutama yang berdomisili di seputaran Jawa Tengah. ikapesta.com.

Dekorasi pernikahan di Jakarta Wedding Festival, pameran pernikahan terbesar di Indonesia.

Jakarta Wedding Festival
Pameran pernikahan terbesar di Indonesia ini diselenggarakan oleh Weddingku bersama Dyandra Promosindo. Jakarta Wedding Festival rutin dipusatkan di Jakarta Convention Center dan diikuti oleh lebih dari 500 vendor pernikahan dari bermacam kategori. Dalam pameran megah tahunan ini, para calon mempelai bisa bertemu dan berdiskusi langsung  dengan para vendor, terinspirasi oleh dekorasi-dekorasi tematik yang menawan, serta mendapatkan informasi lengkap seputar pesta pernikahan. jakartaweddingfestival.com.

Grand Wedding & Honeymoon Fair
Ruang bertemu para calon pengantin dan vendor pernikahan terkemuka di kota Surabaya ini dilangsungkan di Pakuwon Imperial Ballroom dan diselenggarakan oleh Pakuwon Golf & Family Club. Masing-masing zona pamerannya menampilkan kemasan romantis buatan para dekorator pesta pernikahan terpilih. Grand Wedding and Honeymoon Fair merupakan pameran pernikahan termegah di Surabaya. Sesuai namanya, pergelaran ini juga menghadirkan beragam informasi dan promosi paket bulan madu. pakuwonimperialballroom.com.

Bridestory Fair merupakan pameran pernikahan yang paling digemari kaum milenial.

Bridestory Fair
Bridestory menjadi penyelenggara dari Bridestory Fair yang biasanya diadakan di awal tahun dan bertempat di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Pameran pernikahan ini hadir dengan konsep yang segar, cantik, juga inspiratif. Lebih dari 100 vendor pernikahan dari beragam kategori berpartisipasi di dalamnya untuk menawarkan aneka layanan dan menampilkan tren pernikahan terbaru. bridestory.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Juli/September 2018 (“Momen Monumental”).

Comments