3 Festival Musim Dingin di Korea

  • Menangkap ikan trout dengan tangan di Hwacheon Sancheoneo Ice Festival.

    Menangkap ikan trout dengan tangan di Hwacheon Sancheoneo Ice Festival.

  • Balapan menuju bawah bukit dengan menggunakan ban karet di Snow Tube Race Festival.

    Balapan menuju bawah bukit dengan menggunakan ban karet di Snow Tube Race Festival.

  • Pemandangan magis Gunung Halla di Jeju kala musim dingin.

    Pemandangan magis Gunung Halla di Jeju kala musim dingin.

  • Menikmati musim dingin di Korea sangat menyenangkan karena banyak aktivitas yang ditawarkan.

    Menikmati musim dingin di Korea sangat menyenangkan karena banyak aktivitas yang ditawarkan.

Click image to view full size

Di Korea, musim dingin tidak layak dilalui dengan bersembunyi di balik selimut hangat. Pasalnya, musim dingin di Negeri Ginseng adalah saat terbaik untuk menikmati daya tarik yang ditawarkan alam. Berbagai macam festival tahunan rutin digelar dalam periode ini. Kami merangkum tiga festival musim dingin di Korea yang bisa Anda kunjungi:

Hwacheon Sancheoneo Ice Festival
Januari–Februari
Tercatat sebagai salah satu festival musim dingin terbaik dunia versi CNN, festival ini selalu menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya. Dimulai perdana pada 2003, festival ini lahir di distrik Hwacheon di provinsi Gangwon yang berjarak kurang lebih tiga jam berkendara dari Seoul. Di sini, ikan-ikan sancheoneo (sejenis ikan trout) berkembang biak dengan baik. Festival ini menampilkan atraksi utama memancing ikan sancheoneo dengan cara melubangi lapisan es yang menutupi sungai. Tak sulit melakukannya. Pengunjung hanya perlu mengikat umpan dan memasukkannya ke dalam lubang. Tak lama kemudian, ikan akan menyambar umpan. Ada opsi menantang untuk aktivitas ikan ini, yakni menangkapnya menggunakan tangan. Disediakan kolam khusus untuk kegiatan yang satu ini dan pengunjung hanya diperkenankan memakai kaus dan celana pendek. Hal yang sepertinya janggal untuk dilakukan ketika suhu sekitarnya mendekati titik beku. Hwacheon Sancheoneo Festival tak hanya menawarkan aktivitas menangkap ikan, namun juga kegiatan seru lainnya, seperti bermain papan seluncur, membuat patung salju, dan permainan hoki es. Di sela-sela semua aktivitas tersebut, pengunjung bisa meminta panitia untuk mengolah ikan sancheoneo hasil tangkapan menjadi hidangan ikan bakar.

Snow Tube Race Festival
Desember-Februari
Meluncur menggunakan ban karet dengan kecepatan tinggi di lereng bukit menjadi daya tarik utamanya. Snow Tube Race Festival di Korea digelar di dua resor ski tersohor yaitu Yongpyong Ski Resort dan High 1 Ski Resort. Keduanya bercokol di dataran tinggi provinsi Gangwon. Yongpyong Ski Resort berdiri di tengah Pegunungan Baekdudaegan yang memiliki ketebalan salju hingga 250 sentimeter. Saljunya yang tebal ini membuat resor ini terpilih sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018. Sedangkan High 1 Ski Resort menawarkan fasilitas untuk pemain dari berbagai tingkatan mulai dari pemula hingga mahir. Selain itu, lokasi High 1 Ski Resort cukup menarik, yakni di tengah area konservasi alam. Hal tersebut juga membuatnya dinobatkan sebagai resor paling ramah lingkungan di Negeri Gingseng.

Festival Bunga Salju
Desember–Januari
Gunung Halla di Jeju saat musim dingin menjelma menjadi tempat dengan pemandangan fotogenik. Gunung ini adalah salah satu destinasi wisata musim dingin paling laku di Jeju. Tak hanya itu, sejak 2013, Jeju Tourism Organization menggaet turis dengan ajang anual Festival Bunga Salju. Pasalnya, di musim dingin banyak bunga dan tanaman di Jeju yang bertransformasi menjadi obyek-obyek indah. Festival Bunga Salju ini dipusatkan di Eorimok Square di barat laut Jeju. Di sini pengunjung bisa menjajal ski atau ice sliding dan mengabadikan pesona keindahan Jeju di musim dingin. Selama periode festival, bus Jeju City Tour juga tersedia bagi para pengunjung yang ingin berkeliling kota tersebut.



Comments

Related Posts

7611 Views

Book your hotel

Book your flight