3 Bandara Baru di Indonesia

Saking jernihnya, sebuah kapal terlihat ‘melayang’ di atas perairan Kepulauan Maratua. (Foto oleh Mighty Travels)

Tiga bandara baru di Indonesia yang memperluas akses wisatawan ke destinasi-destinasi tersembunyi.

Oleh Yohanes Sandy

Maratua

Untuk menjangkau Kepulauan Derawan, kita harus terbang ke Berau, lalu melanjutkan trip dengan menaiki mobil dan speedboat. Kini, berkat kehadiran Bandara Maratua di timur laut Derawan, perjalanan yang melelahkan itu bisa dihapus. Bandara dengan landasan sepanjang 1.600 meter ini rencananya akan dilayani oleh Susi Air dan Wings Air.

Panorama salah sudut Tarempa, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Anambas, (Foto oleh Nasrudin Ansori)

Anambas

Berkat diresmikannya Bandara Letung, Kepulauan Anambas kini siap membuka keran wisatawan. Bandara dengan landasan sepanjang 1.200 meter ini dilayani oleh Susi Air dari Tanjungpinang, Bintan. Sebelumnya, Anambas hanya bisa dijangkau lewat jalur laut, kecuali saat ombak ganas menerjang antara September dan Februari.

Morowali

Terdiri dari pulau-pulau terpencil yang berserakan di laut pirus, Sombori kerap dijuluki surga yang tersembunyi. Mulai Maret silam, gugusan di Sulawesi tengah ini bersiap menyambut turis berkat kehadiran Bandara Morowali. Belum ada kejelasan maskapai mana yang akan terbang ke sini. Indonesia Air, maskapai yang pernah mendarat di Morowali, hanya melayani sistem carter.



Comments

Related Posts

2140 Views

Book your hotel

Book your flight