20 Negara Terbaik untuk Ekspatriat

Bahrain dinilai sebagai negara paling ramah bagi pekerja dari negara asing.

Untuk kelima kalinya, sebuah lembaga survei terbesar dan terlengkap asal Jerman, Expat Insider, kembali merilis daftar negara terbaik bagi untuk hidup dan bekerja bagi para ekspatriat. Penilaian ini melibatkan 18.135 ekspatriat dari seluruh dunia yang terdiri atas 178 kewarganegaraan yang tinggal di 187 negara.

Beberapa kriteria agar bisa masuk dalam daftar tersebut berkaitan dengan aspek-aspek penting dalam kehidupan, seperti jaminan kesehatan, karir, keselamatan, toleransi, dan hal-hal lain yang menyokong kualitas hidup. Seperti sebelumnya, daftar ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Negara yang ramah dengan kehadiran kaum ekspatriat seperti Singapura, Selandia Baru, Jerman, Kanada, dan Australia sudah dipastikan mengisi daftar tersebut. Namun kali ini, pemenangnya justru berasal dari salah satu negara dari Timur Tengah.

Bahrain berhasil menduduki peringkat pertama. Negara yang berada dalam kelompok kepulauan antara Semenanjung Qatar dan sebelah timur laut pesisir Arab Saudi tersebut dinilai mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari sektor perbankan, pariwisata, memiliki infrastruktur modern dan tingkat Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi, serta dikenal sebagai salah satu negara dengan pendapatan tertinggi.

Baca juga: 10 Kota Terbaik untuk Milenial20 Negara Teraman di Dunia

Selain itu, Bahrain juga cukup sering menjadi tuan rumah untuk ajang balap mobil Formula Satu di Timur Tengah. Hal ini juga didukung dengan kemudahan pendatang dalam mengurus visa bisnis ke Bahrain. Peringkat selanjutnya disusul oleh Taiwan, Ekuador, Meksiko, dan Singapura di posisi lima besar. Sedangkan Indonesia berhasil masuk peringkat 50 besar. Berikut 20 negara terbaik untuk ekspatriat menurut Expat Insider:

  1. Bahrain
  2. Taiwan
  3. Ekuador
  4. Meksiko
  5. Singapura
  6. Portugal
  7. Kosta Rika
  8. Spanyol
  9. Kolumbia
  10. Ceko
  11. Selandia Baru
  12. Australia
  13. Panama
  14. Vietnam
  15. Luxembourg
  16. Belanda
  17. Malaysia
  18. Thailand
  19. Kanada
  20. Malta

Informasi selengkapnya, kunjungi Expat Insider.

Comments