20 Negara Paling Sehat 2019

spanyolBloomberg Healthiest Country Index menetapkan Spanyol sebagai negara tersehat di dunia. (Foto: Free Images/alesia17)

Setiap dua tahun sekali, Bloomberg Global Health Index rutin merilis daftar negara tersehat di dunia. Bloomberg Healthiest Country Index mengurutkan kondisi kesehatan 169 negara di seluruh dunia berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), United Nations Population Division, dan World Bank.

Indeks ini menilai beberapa variabel, mulai dari faktor lingkungan seperti ketersediaan air bersih dan akses sanitasi; angka harapan hidup; hingga risiko kesehatan seperti tingkat nutrisi, tekanan darah tinggi, obesitas, serta konsumsi rokok.

Dari data tersebut, Spanyol berhasil menyabet gelar sebagai Negara Paling Sehat 2019 dengan skor 96,56 dan sukses menggeser Italia yang pada 2017 silam menduduki posisi pertama. Selain pola makan yang baik—dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun dan kacang-kacangan, warga Spanyol juga mendapatkan perawatan kesehatan yang berkualitas. Bahkan, menurut Institute for Health Metrics and Evaluation dari University of Washington, pada 2040, orang Spanyol diperkirakan memiliki harapan hidup tertinggi—nyaris 86 tahun.

Baca juga: Budaya & Sepak Bola Spanyol Utara

Peringkat selanjutnya diduduki oleh Italia dengan skor yang tak terlalu jauh, yakni 95,83. Islandia, Jepang, dan Swiss menyusul di peringkat ketiga hingga kelima. Dalam daftar 20 besar yang memang didominasi negara-negara Uni Eropa, Asia hanya bisa menyumbang tiga negara, yakni Jepang, Singapura, dan Korea Selatan. Sedangkan Indonesia masih belum berhasil masuk 56 besar.

Berikut 20 negara dengan gaya hidup paling sehat pada 2019:

  1. Spanyol
  2. Italia
  3. Islandia
  4. Jepang
  5. Swiss
  6. Swedia
  7. Australia
  8. Singapura
  9. Norwegia
  10. Israel
  11. Luxembourg
  12. Prancis
  13. Austria
  14. Finlandia
  15. Belanda
  16. Kanada
  17. Korea Selatan
  18. Selandia Baru
  19. Inggris
  20. Irlandia

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Bloomberg Global Health Index.

Comments