18 Destinasi Kuliner Terbaik Dunia

Merujuk daftar terakhir World’s 100 Best Restaurants, Michelin Guides, dan World’s 100 Best Bars, berikut peta lengkap destinasi kuliner dengan portofolio terbaik di muka bumi.

peta kuliner dunia
Satu dari 17 hidangan dalam paket makan di Central, Lima.

Amerika
Pilihan Editor:

Central
Setelah Nordik, Peruvian kini menjadi kata seksi di jagat kuliner dan Central adalah penyebabnya. Restoran ini sudah tiga kali menyabet titel The Best Restaurant in Latin America. Lewat paket maraton 17 masakan, Central mengeksplorasi cita rasa Peru melalui bahan masak yang hidup 20 meter di bawah air hingga 4.000 meter di lereng gunung, termasuk ikan dari Amazon, dedaunan Andes, hingga 4.000 varietas kentang di penjuru negeri. Calle Santa Isabel 376, Lima, Peru; centralrestaurante.com.pe.

peta kuliner dunia
Axel Pimentel, bartender Fifty Mils, Mexico City.

Fifty Mils
Four Seasons merupakan salah satu hotel termewah di Mexico City. Berkat Fifty Mils, ia juga menjadi salah satu sarang nokturnal terpopuler di kota ini. Bar ini dikepalai oleh delapan bartender dengan CV yang menyilaukan. Pimpinannya, Mica Rousseau, adalah juara Diageo’s National World Class 2016. Buku menu Fifty Mils mencantumkan 10 koktail klasik dan 10 kreasi baru. Four Seasons, Mexico City, Meksiko; fiftymils.com.

Eleven Madison Park
Tahun lalu, usai menyabet trofi restoran terbaik sejagat, EMP langsung menjadi buruan. Calon tamu mesti melakukan reservasi sebulan sebelum datang, itu pun dengan menyetor uang deposit nonrefundable $642. Tahun ini, posisi EMP melorot empat tingkat, tapi pamornya tak surut. Kreasi inovatif terbarunya yang menuai banyak pujian ialah “cheesecake” yang dibuat dari ikan sturgeon dan ditaburi kaviar. 11 Madison Avenue, New York, Amerika Serikat; elevenmadisonpark.com.

Florería Atlántico
Bar bergaya speakeasy ini menyempil di belakang toko wine, teronggok beberapa meter di bawah tanah. Buku menunya merefleksikan sejarah Buenos Aires sebagai kota pelabuhan yang rutin disatroni imigran pada awal abad ke-20. Itu sebabnya kita bisa menemukan halaman khusus berisi koktail yang terinspirasi tradisi Prancis, Polandia, Peru, Kuba, dan Jerman. Arroyo 872, Buenos Aires, Argentina; floreriaatlantico.com.ar.

peta kuliner dunia
Interior BlackTail yang didominasi suasana kayu.

BlackTail
Baru setahun beroperasi, bar ini sukses menembus liga elite World’s 50 Best Bars. Konsepnya memang moncer. BlackTail adalah reinkarnasi dari bar-bar langganan warga Amerika di Kuba era Prohibition (1920-1933 saat miras dilarang di Amerika). Namanya merujuk pada buntut hitam pesawat Aeromarine Airways yang dulu melayani rute Havana, sementara buku menunya mencantumkan 48 minuman khas Kuba. Pier A Harbor House, New York, Amerika Serikat; blacktailnyc.com.

Kiri-kanan: Manioc farofa dengan mullet bottarga di D.O.M., Sao Paulo; pupunha heart of palm fettuccine dengan jamur Yanomami. (Foto: Ricardo Dangelo)

D.O.M.
Restoran ini menerjemahkan Brasil ke atas meja makan. D.O.M., singkatan dari Deo Optimo Maximo, meracik hidangan kontemporer memakai bahanbahan lokal yang mayoritas asing di telinga, misalnya ikan piraiba, sari tucupi, hingga semut Amazon. Seluruh bahannya digali dari riset oleh sang koki, Alex Atala, yang rutin memasuki rimba Amazon bersama antropolog. Berkat kreativitasnya, D.O.M. melesat jadi juru bicara kuliner Brasil. Seiring itu, sang koki merekah jadi selebriti. Alex merupakan satu dari segelintir koki yang pernah tercantum dalam daftar 100 Most Influential People versi TIME. Rua Barao de Capanema, Sao Paulo, Brasil; domrestaurante.com.br.

Comments