18 Cerita Terpopuler Sepanjang 2018

kuliner melbourne
Federation Square, alun-alun paling populer di Australia yang terletak di jantung kota Melbourne. (Foto oleh Emily Weaving)

Dari Melbourne hingga Tasikmalaya, berikut 18 artikel perjalanan dengan pembaca terbanyak tahun ini.

Dua Wajah Melbourne
Sempat dicap sebagai kota tanpa kehidupan di jantungnya, Melbourne bermetamorfosis menjadi salah satu kota paling layak huni di dunia. Tapi ia kini menghadapi serangkaian problem yang lahir justru dari kesuksesannya. Baca selengkapnya di sini.

Menembus Sisi Gelap Tasikmalaya
Terbentuk oleh terangkatnya hamparan batu gamping dari dasar laut, kawasan karst lazimnya memang menyimpan banyak gua. Tak heran, mayoritas destinasi speleologi di Indonesia merupakan kawasan karst, salah satunya Tasikmalaya. Baca selengkapnya di sini.

Tur Pesiar di Asia Bersama Genting Dream
Operator-operator pesiar berlomba menempatkan kapal terbaru, terbesar, dan terbaiknya di Asia. Pendatang terakhir di 2016, Genting Dream, berambisi menjadi yang paling memahami “selera lokal.” Baca selengkapnya di sini.

Kebijakan Langka Pariwisata Dubrovnik
Dubrovnik, King’s Landing dalam Game of Thrones, menempuh kebijakan langka dalam dunia pariwisata: membatasi jumlah turis. Contoh baik tentang cara menyelamatkan situs sejarah dari kerusakan dan kerakusan. Baca selengkapnya di sini.

tugu titik nol islam
Seorang warga lokal meniti jalan setapak di lokasi penggalian benda-benda kuno Desa Lobu Tua, Barus. (Foto oleh Zulkifli)

Pintu Pertama Masuknya Islam ke Indonesia
Dibayangi kontroversi, pemerintah menetapkan Barus sebagai gerbang masuknya Islam ke Nusantara. Walau tak punya masjid yang megah ataupun pesantren yang bergengsi, kota kecil penghasil kapur barus ini sekarang mendapat tempat terhormat dalam peta wisata religi. Baca selengkapnya di sini.

Eksperimen Visual: Satu Bingkai, Dua Zaman
Memotret perjalanan kota dengan menyandingkan foto tua dan baru.Hasilnya adalah sebuah kontras yang membuat kita berpikir tentang bagaimana realitas dikonstruksi dan sejauh mana zaman bergeser. Baca selengkapnya di sini.

kereta priority
Susana Stasiun Kediri, titik pemberangkatan Krakatau Express yang kini telah pensiun. (Foto oleh Agung Parameswara)

Ekspedisi Rute Kereta Terpanjang di Indonesia
Menghubungkan semua provinsi di Jawa, Krakatau Ekspres mampir di 18 stasiun dan menempuh rute 925 kilometer, berselisih sedikit dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan. Menaikinya bagaikan sebuah penziarahan panjang. Baca selengkapnya di sini.

Seni Berubah di Museum Macan
Museum Macan memukau khalayak lewat koleksinya yang langka dan mahal. Tapi keunggulan sesungguhnya museum ini adalah aneka programnya yang merengkuh publik. Baca selengkapnya di sini.

hotel tertua di bali
Fasad gedung utama Handara Golf Resort, salah satu hotel tertua di Pulau Dewata. (Foto oleh Johaness P. Cristo)

6 Hotel Tertua di Bali
Sejumlah hotel dari babak awal pariwisata Bali masih beroperasi. Kamar-kamarnya yang dulu ditiduri Charlie Chaplin hingga David Bowie masih disewakan. Mengunjungi mereka mengingatkan bagaimana (dan oleh siapa) industri turisme dirintis di pulau ini. Baca selengkapnya di sini.

Comments