12 Agenda Kuliner Dunia

Asortimen agenda bagi pencinta kuliner: 12 bulan, 12 negara, 12 festival.

Sesi wine tasting di Gastronomika.

Gastronomika
8-10 Oktober 2018
San Sebastian, Spanyol
Kenduri koki ini mengulas tren, menjawab tantangan zaman, serta menampilkan demo masak oleh lebih dari 50 maestro dapur. Selagi di sini, kunjungi Mugaritz dan Arzak. sansebastiangastronomika.com.

Free From Festival
17 November 2018
Bristol, Inggris
Cocok bagi mereka yang punya banyak pantangan, Free From Festival menghadirkan beragam penganan yang terbebas dari gluten, pemanis buatan, dan produk susu. freefromfestival.co.uk.

Ramen Expo
Desember 2018
Osaka, Jepang
Pesta umami ini menghidangkan ramen dari puluhan kota. Acara yang dipusatkan di Expo Commemoration Park ini bergulir tiap akhir pekan sepanjang Desember.

Beberapa koki Ikra tampak sibuk menyiapkan hidangan. (Foto: finedininglovers)

Ikra
31 Januari-4 Februari 2019
Sochi, Rusia
Sochi terkenal sebagai destinasi ski. Melalui Ikra, kota di barat Rusia ini ingin tertera pula di peta kuliner. Untuk 2019, bintang tamunya antara lain Albert Adria, Gaggan Anand, dan Alex Atala. ikrafest.com.

Pengunjung dapat mencicipi beragam sajian kuliner kaki lima hingga restoran ternama di Dubai Food Festival.

Dubai Food Festival
21 Februari-9 Maret 2019
Dubai, Uni Emirat Arab
Festival ini mengajak kita menikmati aneka tawaran dapur Dubai, baik hidangan lokal maupun kreasi para koki ternama. visitdubai.com.

festival kuliner
Menikmati makan siang bersama di Melbourne Food & Wine Festival.

Melbourne Food & Wine Festival
15-24 Maret 2019
Melbourne, Australia
Dimulai sederhana pada 1993, Melbourne Food & Wine Festival merekah jadi festival kuliner terbesar di Australia. Magnetnya ialah World’s Longest Lunch di meja sepanjang lima lapangan sepak bola. melbournefoodandwine.com.au.

Ubud Food Festival masih menjadi acara kuliner terbesar di Asia Tenggara.

Ubud Food Festival
26-28 April 2019
Ubud, Bali
Selain memanjakan perut lewat suguhan puluhan kios, ajang ini memperkaya wawasan kuliner melalui serangkaian program edukatif seperti diskusi dan demo masak. ubudfoodfestival.com.

Slovak Food Festival
Mei 2019
Bratislava, Slovakia
Bratislava Castle menyediakan jendela ke masa lalu Slovakia. Melalui Slovak Food Festival, situs ini disulap menjadi wadah untuk menikmati masa kini. Ajang ini menyuguhkan aneka masakan dari restoran lokal. slovakfoodfestival.sk.

Proses pembuatan piza di Pizza Village Festival yang menarik untuk disimak.

Pizza Village Festival
22-30 Juni 2019
Napoli, Italia
Ada sejumlah teori tentang riwayat piza, tapi Napoli dipercaya sebagai tanah kelahiran piza versi modern. Merayakan tradisi itu, Pizza Village Festival menampilkan ribuan loyang piza dengan aneka rasa. pizzavillage.it.

Singapore Food Festival
Juli 2019
Singapura
Festival ini mengundang publik untuk mencicipi aneka inovasi dapur Singapura, mulai dari chilli crab, bak kut teh, hingga kreasi modern. visitsingapore.com.

Wellington On A Plate merupakan ajang tahunan yang merayakan tradisi dapur Selandia Baru. (Foto: CPG Hotels)

Wellington On A Plate
9-25 Agustus 2019
Wellington, Selandia baru
Luput dari sirkuit Hobbit, Wellington memang bukan destinasi yang populer. Tapi kota ini memiliki ajang yang merayakan tradisi dapur Selandia Baru. Tahun lalu, Wellington On A Plate menyuguhkan sekitar 100 acara. visawoap.com.

Penang Street Food Festival
September 2019
Penang, Malaysia
Penang terkenal sebagai Ibu Kota Kuliner Malaysia, dan PsFF adalah momen terbaik untuk memahami julukan itu. Ajang tahunan yang dipusatkan di Lebuh Pantai ini diikuti lebih dari 120 kedai dengan beragam hidangan. piff.com.my.

Tags : Kuliner
Comments