10 Resor Pesisir Terbaik di Australia

Resor tepi pantai bertaburan di Australia, negara dengan garis pesisir terpanjang ketujuh di dunia. Dari Tasmania hingga Western Australia, dari Queensland hingga tepian Sydney, berikut 10 penginapan yang menawarkan servis prima dan lanskap memukau.

Oleh Natasha Dragun

Kiri-kanan: Pantai privat di Sal Salis; Akomodasi tenda lengkap dengan ayunan kain.

Kiri-kanan: Pantai privat di Sal Salis; Akomodasi tenda lengkap dengan ayunan kain.

Untuk penyuka glamping

SAL SALIS

Lokasi—Terhampar sepanjang 280 kilometer di pesisir barat Australia, Ningaloo Marine Park menampung 250 spesies karang dan 500 spesies ikan. Di tepian laut asri inilah bumi perkemahan Sal Salis tertancap di antara bukit-bukit pasir. Resor ini berada di Cape Range National Park, 1.200 kilometer sebelah utara Perth.

Daya Tarik—Tidak mudah menyaingi petualangan laut di Great Barrier Reef, tapi paket yang ditawarkan Sal Salis memiliki satu keunggulan: peluang untuk melihat whale shark, ikan terbesar sejagat yang rutin bermigrasi ke Ningaloo Reef antara April dan Juli.

Tips—Sal Salis adalah pijakan ideal untuk menyapa fauna lokal. Kanguru merah dan emu (burung terbesar kedua di dunia) adalah tamu reguler di kompleks resor. Mengarungi pasir beberapa kilometer ke arah selatan terdapat Turquoise Bay. Namanya menjelaskan suguhannya: laut turkuois sepanjang tahun. 61-8/9949-1776; salsalis.com.au; doubles mulai dari Rp6.900.000; tutup dari 1 Desember-14 Maret.

 

Kiri-kanan: Kolam infinity yang menyajikan panorama pesisir; Interior kamar di Pretty Beach House.

Kiri-kanan: Kolam infinity yang menyajikan panorama pesisir; Interior kamar di Pretty Beach House.

Untuk pemburu kuliner

PRETTY BEACH HOUSE

Lokasi—Resor retret berkonsep all-inclusive ini berada di Bouddi National Park, persisnya di sebuah semenanjung yang menjorok ke Broken Bay. Kita bisa menjangkaunya dengan berkendara sejam atau menaiki pesawat amfibi selama 20 menit ke utara Sydney. Agar senada dengan lingkungannya yang asri, Pretty Beach House dirangkai dari bahan-bahan alam, antara lain sandstone dan kayu daur ulang.

Daya Tarik—Usai sebagian tubuhnya dilumat api pada 2012, Pretty Beach House dibuka kembali pada 2015. Susunan manajemennya tidak banyak berubah, termasuk di restoran, tempat koki terpandang Italia Stefano Manfredi menyiapkan beragam sajian atraktif, mulai dari piza yang dibakar dengan kayu hingga barisan menu degustation.

Tips—Keempat paviliun di properti ini menyuguhkan panorama indah pohon-pohon purba angophora yang tumbuh di lereng bukit. Berjalan sejenak ke arah laut, tamu bisa menemukan perahu sewaan yang melayani tur setengah hari ke sejumlah pantai dan teluk, dengan paket mencakup menonton lumba-lumba. 61-2/4360-1933; prettybeach house.com; doubles mulai dari Rp18.800.000.

 

Kiri-kanan: Ocean View Villa di Berkeley River Lodge; Tamu menikmati keindahan alam di sekitar resor.

Kiri-kanan: Ocean View Villa di Berkeley River Lodge; Tamu menikmati keindahan alam di sekitar resor.

Untuk menyepi

BERKELEY RIVER LODGE

Lokasi—Bermukimdi kawasan terpencil di utara negeri, Berkeley River Lodge hanya bisa diakses menaiki pesawat dari Darwin menuju Kununurra. Pondokan ini berdiri di antara Sungai Berkeley danpantai lapang anonim yang menghadap Laut Timor.

Daya Tarik—Berkeley River Lodge menampung 20 vila yang ditancapkan di bukit setinggi 65 meter, dengan begitu tamu bisa menyerap panorama dengan leluasa. Dari kamar, kita bisa melihat Joseph Bonaparte Gulf, Pulau Reveley, Sungai Berkeley, hingga lekukan ngarai di kejauhan. Daya tarik terbesar resor ini adalah aktivitasnya. Pemburu ikan barramundi rutin ke kawasan ini untuk memancing di Kimberley (tur heli-fishing bisa dipesan di resor). Kegiatan lainnya adalah pesiar menuju ngarai dan Air Terjun Casuarina, tempat buaya air asin mengintai di air dangkal.

Tips—Pantai yang membentang di seberang pondokan memang belum memiliki nama, tapi tempat ini pastinya menjanjikan banyak daya tarik, terutama saat penyu pipih mampir sejenak untuk bertelur. Jika ingin memahami lebih baik ekosistem kawasan ini, Berkeley River Lodge memiliki paket ekspedisi edukatif menaiki kendaraan 4WD yang dipandu oleh seorang naturalis. 61-8/9169-1330; berkeleyriver.com.au; doubles mulai dari Rp15.500.000; tutup dari 1 November-29 Februari.

 

Kiri-kanan: Suite di sini dibangun menggunakan kayu daur ulang; Panorama alam Southern Ocean Lodge.

Kiri-kanan: Suite di sini dibangun menggunakan kayu daur ulang; Panorama alam Southern Ocean Lodge.

Untuk penyayang binatang

SOUTHERN OCEAN LODGE

Lokasi—Dibutuhkan niat serius untuk menghampirinya: terbang selama 45 menit dari Adelaide ke Kangaroo Island, kemudian berkendara selama 90 menit di jalur penuh gelombang. Tapi perjuangan itu terbayar sepadan. Southern Ocean Lodge, pondokan yang dirangkai dari batu dan kaca, menyuguhkan panorama agung tebing selatan pulau, hingga membuat Anda malas beranjak.

Daya Tarik—Southern Ocean Lodge sejatinya sebuah kombinasi dari akomodasi yang menyatu dengan alam, makanan yang diracik dari alam sekitar, serta lanskap alam liar yang menggugah. Seluruh 21 suite-nya dirakit dari kayu daur ulang, batu kapur yang dipotong dengan tangan, serta mebel karya desainer ternama. Spa di sini memakai bahan botani lokal, sementara restorannya menampilkan menu yang senantiasa direvisi mengikuti ketersediaan bahan musiman. Dengan itinerary menyesuaikan preferensi tamu, tur-tur menjelajahi alam sekitar juga tersedia dan lazimnya mencakup kunjungan ke Admirals Arch untuk menonton kawanan anjing laut, atau Seal Bay yang menampung koloni singa laut. Tersedia pula Kangas & Kanapés, paket tur ke habitat kanguru dengan bonus sajian tiram dan wine; serta ekspedisi malam untuk mengintip koala dan walabi.

Tips—Pantai di Kangaroo Island lebih cocok dijelajahi ketimbang direnangi. Air di sini dipasok langsung dari Antartika, jadi hanya mereka yang berkulit tebal yang sanggup menahan suhunya. Tapi tak perlu kecewa. Aktivitas menyusuri hamparan pasir Hanson Bay senantiasa menyenangkan, sebab pihak resor telah menyiapkan api unggun dan bergelas-gelas wine untuk menghadirkan aura romantis di pantai. 61-2/9918-4355; southernoceanlodge.com.au; doubles mulai dari Rp20.700.000.

 

Kiri-kanan: Bangunan Saffire yang berbentuk ikan pari; Interior Saffire yang bernuansa minimalis.

Kiri-kanan: Bangunan Saffire yang berbentuk ikan pari; Interior Saffire yang bernuansa minimalis.

Untuk pencinta alam

SAFFIRE FREYCINET

Lokasi—Saffire Freycinet adalah manifestasi sempurna dari istilah “luxury retreat.” Resor ini berlokasi di Coles Bay, sisi timur Tasmania. Untuk menjangkaunya, Anda harus berkendara 2,5 jam ke utara Hobart dan melewati belantara liar. Di area resor, koala berkeliaran di pohon dan walabi bisa mendadak muncul di depan pintu Anda.

Daya Tarik—Dirancang menyerupai ikan pari raksasa, bangunan utama Saffire bagaikan kuil suci bagi dunia arsitektur Tasmania. Melalui jendela besar yang melapisi dindingnya, kita bisa melihat 20 unit suite yang berbaris menatap pantai dan puncak-puncak bergerigi Pegunungan Hazards di kejauhan. Resor ini ditaburi mebel berbahan batu dan kayu, sementara menu di restorannya mengandalkan bahan-bahan khas Tasmania.

Tips—Properti ini teronggok di tengah hutan eukaliptus yang menjulur ke Great Oyster Bay, pantai pasir putih yang ditaburi bebatuan dengan warna kemerahan. Pantai yang lebih cantik, Wineglass Bay, bisa dikunjungi dengan memesan paket tur yang ditawarkan pihak resor. Pesan paket Le Pique Nique Experience jika ingin menikmati sesi tetirah di Wineglass Bay, makan siang privat di akhir tur, lalu kembali ke resor dengan menaiki perahu. 61-3/6256-7888; saffirefreycinet.com.au; doubles mulai dari Rp18.300.000.



Comments

Related Posts

1505 Views

Book your hotel

Book your flight