10 Negara Paling Bahagia 2018

DestinAsian Indonesia
Panorama alam menjadi salah satu daya tarik utama Finlandia. (Foto: Tero Suihkonen)

Nyaris seminggu sebelum perayaan International Day of Happiness pada 20 Maret mendatang, tahun ini PBB kembali merilis World Happiness Report untuk yang keenam kalinya. Dalam laporannya, PBB mengurutkan peringkat 156 negara di dunia berdasarkan tingkat kebahagiaan penduduk. Selain enam faktor utama yang digunakan sebagai tolok ukur penilaian seperti pendapatan per kapita, tingginya harapan hidup, keadilan sosial, dan level korupsi, kali ini organisasi internasional tersebut juga menilai kebahagiaan para imigran di negara tersebut.

Finlandia berhasil naik empat peringkat dan merebut gelar sebagai negara paling bahagia, setelah sukses menggeser Norwegia ke posisi dua. Meski terbilang kalah populer dibandingkan Swedia dan Islandia, negara seluas 338 ribu kilometer persegi ini, memang dikenal bebas dari konflik.

Ranking lima besar kembali didominasi negara-negara Nordik. Posisi ketiga diduduki Denmark, disusul oleh Islandia dan Swiss. Sementara itu, Amerika Serikat turun empat peringkat ke posisi ke-18 setelah tahun lalu berada di posisi ke-14. Sangat disayangkan, tahun ini Indonesia harus turun lima belas peringkat dan berada di urutan 96. Sementara itu, di posisi paling bawah ditempati Burundi.

Berikut daftar 10 besar negara paling bahagia di dunia:

  1. Finlandia
  2. Norwegia
  3. Denmark
  4. Islandia
  5. Swiss
  6. Belanda
  7. Kanada
  8. Selandia Baru
  9. Swedia
  10. Australia

Informasi lebih lanjut, kunjungi World Happiness Report.

Comments