10 Kota Paling Layak Huni

Untuk ketujuh kalinya secara berurut-turut, Melbourne mencapai nilai tertinggi.

Lembaga survei global Economist Intelligence Unit telah mengungkap juara atas riset mengenai kota yang paling layak huni di dunia. Tahun ini juara ajang survei tahunan tersebut kembali disabet oleh Melbourne. Ini merupakan kali ketujuh Ibu Kota di negara bagian Victoria, Australia tersebut memenangkan penghargaan bergengsi itu.

Survei yang dilakukan pada 140 kota tersebut didasarkan pada lima kategori utama yaitu layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, stabilitas, serta infrastruktur. Melbourne mendapat nilai nyaris sempurna. Gelar ini juga semakin memperkuat predikat Melbourne sebagai kota paling nyaman bagi para turis.

Laporan The Economist mengatakan ancaman terorisme juga memengaruhi pemeringkatan kali ini. Disebutkan bahwa tingkat kriminalitas di Melbourne yang relatif rendah menjadi alasan utama mengalahkan kota-kota lain. Sama seperti peringkat tahun sebelumnya, Wina dan Vancouver masih tetap bertengger di peringkat kedua dan ketiga, sedangkan kota-kota di Australia lainnya seperti Adelaide dan Perth juga berada di peringkat atas.

Berikut daftar 10 besar kota paling layak huni di dunia:

  1. Melbourne
  2. Wina
  3. Vancouver
  4. Toronto
  5. Calgary
  6. Adelaide
  7. Perth
  8. Auckland
  9. Helsinki
  10. Hamburg

Informasi selengkapnya, kunjungi Economist Intelligence Unit.

 



Comments

Related Posts

1187 Views

Book your hotel

Book your flight