10 Kota Paling Layak Huni 2018

Wina berhasil memenangkan penghargaan bergengsi sebagai kota paling layak huni di jagat.

Tiap tahunnya, lembaga survei global Economist Intelligence Unit rutin mengungkap juara atas riset mengenai kota yang paling layak huni di dunia. Menariknya, daftar kali ini tampil sedikit berbeda. Melbourne, sang juara bertahan selama tujuh tahun berturut-turut, terpaksa harus mencopot gelarnya dan menyerahkannya pada Wina.

Bosan terus-terusan menjadi runner-up dalam beberapa tahun belakangan, Ibu Kota Austria ini giat membenahi layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, stabilitas, serta infrastruktur mereka, sehingga berhasil mendapatkan skor total hingga 99,1%.

Survei yang dilakukan pada 140 kota tersebut juga menilai faktor keamanan sebuah kota, terkait adanya ancaman terorisme. Disebutkan bahwa tingkat kriminalitas di Wina cukup rendah dibandingkan Melbourne, sehingga menjadi alasan utama mengalahkan kota-kota lain.

Baca juga: Tur Budaya Nan Menarik di WinaDua Wajah Melbourne

Tahun ini, Vancouver terpaksa harus turun tiga peringkat ke posisi enam. (Foto: Karina Anandya)

Peringkat ketiga dihuni oleh anggota baru, yakni Osaka, disusul oleh Calgary dan Sydney di peringkat keempat dan kelima. Sedangkan kota-kota di Kanada lainnya seperti Vancouver dan Toronto juga masih berada di posisi teratas. Sayangnya, Hamburg dan Helsinki terpaksa harus meninggalkan peringkat sepuluh besar dan digantikan oleh Tokyo dan Kopenhagen. Sedangkan, peringkat terendah tahun ini kembali dihuni oleh Damaskus dengan skor 30,7%.

Berikut daftar 10 besar kota paling layak huni di dunia:

  1. Wina, Austria (99,1)
  2. Melbourne, Australia (98,4)
  3. Osaka, Jepang (97,7)
  4. Calgary, Kanada (97,5)
  5. Sydney, Australia (97,4)
  6. Vancouver, Kanada (97,3)
  7. Toronto, Kanada (97,2)
  8. Tokyo, Jepang (97,2)
  9. Kopenhagen, Denmark (96,8)
  10. Adelaide, Australia (96,6)

Informasi selengkapnya, kunjungi Economist Intelligence Unit.

 

Tags : listswina
Comments