10 Bandara Terbaik di Dunia 2018

DestinAsian IndonesiaBandara Internasional Hamad berhasil naik satu peringkat dan bertengger di posisi lima besar. (Foto: HOK Design)

Tiap tahun sejak 1999, Skytrax rutin merilis daftar bandara terbaik di jagat. Penilaiannya berdasarkan pada pengalaman para penumpang mulai dari proses check-in, sistem imigrasi, kebersihan, hingga fasilitas hiburan. Penghargaan paling prestisius di industri bandara yang berlangsung dari Agustus 2017 hingga Februari 2018 ini melibatkan 13,73 juta responden yang terdiri atas lebih 100 kewarganegaraan.

Hasilnya, Bandara Internasional Changi Singapura kembali menyabet gelar terbaik dan menyisihkan kurang lebih 550 bandara lainnya di dunia. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan keenam berturut-turut yang disabet oleh Changi. Bahkan daftar sepuluh besarnya pun tak banyak berubah dibandingkan hasil 2017. Bandara Internasional Incheon dan Bandara Internasional Haneda Tokyo menduduki peringkat kedua dan ketiga. Mengekor di posisi keempat dan kelima adalah Bandara Internasional Hong Kong dan Bandara Internasional Hamad.

Bagaimana dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta? Sangat disayangkan, Indonesia tak berhasil masuk daftar 100 besar.  Tahun ini, bandara-bandara di Asia ‘hanya’ berhasil menyumbangkan lima wakilnya. Berikut 10 bandara terbaik di dunia berdasarkan pilihan jutaan penumpang pesawat di dunia:

  1. Bandara Internasional Changi (Singapura)
  2. Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)
  3. Bandara Internasional Haneda Tokyo (Jepang)
  4. Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)
  5. Bandara Internasional Hamad (Qatar)
  6. Bandara Internasional Munich (Jerman)
  7. Bandara Internasional Chubu Centrair Nagoya (Jepang)
  8. Bandara Internasional London Heathrow (Inggris)
  9. Bandara Internasional Zurich (Swiss)
  10. Bandara Internasional Frankfurt (Jerman)

Informasi selengkapnya bisa dilihat di situs World Airport Awards.

Comments