10 Bandara Paling Tepat Waktu

Bandara di Jepang mendominasi daftar dengan menempatkan lima wakilnya. (Foto: Free Images/044 Andrew Peat Andrew Peat)

Jadwal penerbangan yang molor menjadi hal yang paling tidak disukai para pelancong. Oleh karena itu, biasanya bandara berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memfasilitasi maskapai sesuai dengan jadwalnya. Tahu akan hal tersebut, OAG, perusahaan pemantau penerbangan asal Inggris rutin merilis daftar bandara paling tepat waktu di dunia. Menurut data On Time Performance (OTP) dari 513 bandara di dunia mulai dari Juni 2017 hingga Mei 2018, posisi puncak untuk bandara paling tepat waktu dipegang oleh Bandara Nagoya Komaki.

Lapangan terbang di Negeri Sakura ini sukses mengatur 94,5 persen maskapai untuk terbang dan mendarat dengan tepat waktu. Menyusul di posisi selanjutnya adalah Bandara Internasional Hilo Hawaii dengan angka 91,4 persen dan Bandara Okadama Sapporo di angka 90,4 persen. Menduduki posisi keempat dan kelima, ada Bandara La Palma di Spanyol (90,0 persen) dan Bandara Kushiro Hokkaido (89,7 persen).

Namun sayangnya, Indonesia masih belum bisa mencatatkan rekor bagus untuk daftar ini. Bandara Soekarno-Hatta justru tercatat sebagai peringkat tiga bandara paling tidak tepat waktu di dunia—tepat di bawah Bandara Internasional Islamabad di Pakistan dan Bandara Internasional Tunis-Carthage. Dengan skor 58,5 persen dan meraih satu bintang, Bandara Soetta melayani 490.585 penerbangan dalam setahun.

Berikut daftar bandara paling tepat waktu:

  1. Bandara Nagoya Komaki, Jepang (94,5 persen)
  2. Bandara Internasional Hilo, Hawaii, AS (91,4 persen)
  3. Bandara Okadama Sapporo, Jepang (90.4 persen)
  4. Bandara La Palma, Spanyol (90,0 persen)
  5. Bandara Kushiro, Jepang (89,7 persen)
  6. Bandara Internasional Tocumen, Panama (89,5 persen)
  7. Bandara Lihue, Hawaii, AS (89,3 persen)
  8. Bandara Kochi, Jepang (89,2 persen)
  9. Bandara Memambetsu Jepang (88,9 persen)
  10. Bandara Internasional Minsk, Belarus (88,9 persen)

Informasi selengkapnya, kunjungi OAG.

Comments