10 Alasan Baru ke Singapura

Gerbang utama Wheeler’s Yard, toko sepeda yang juga menampung sebuah kafe.

Kiri-kanan: Beragam rangka sepeda yang dijadikan hiasan di Wheeler’s Yard; suasana kafe Wheeler’s Yard.

1. Wheeler’s Yard
Bagi anggota komunitas Bike to Work atau Ngagowes Nusantara, Wheeler’s Yard adalah wadah yang sempurna untuk melebarkan jaringan pertemanan, berbagi kisah, atau mungkin merancang tur-tur bersama. Tentu saja, tempat yang berlokasi di wilayah Balestier ini juga pas untuk berbelanja suku cadang dan aksesori, sekaligus berkonsultasi dengan para mekanik. Wheeler’s Yard menempati sebuah gudang tua yang megah. Desainnya menarik. Selain toko sepeda, tempat yang mirip hanggar ini memiliki kafe yang didesain bergaya kombinasi industrial-chicvintage. 28 Lorong Ampas; 65/9726-1183; wheelersyard.com.

 

Bangunan MINT Museum yang bergaya minimalis modern.

2. MINT Museum
Tempat ini tak cuma mengajak Anda bernostalgia ke masa kecil, tapi juga mengundang Anda menembus mesin waktu ke dunia anak-anak di masa silam. Moment of Imagination & Nostalgia with Toys (MINT) Museum memiliki koleksi ekstensif dolanan dari era 1800-an hingga abad modern yang didatangkan dari 40 negara. Kita bisa menemukan, umpamanya, tumbling toy bertitimangsa 1840, robot kaleng generasi pertama buatan Jepang, hingga pistol Flash Gordon. Di sini, masa silam tak cuma bisa dikunjungi, tapi juga dibeli. Museum ini memiliki toko yang menjajakan mainan klasik, misalnya figur Popeye buatan 60-an dengan harga $8.000. Terlalu mahal? Opsi suvenir yang lebih terjangkau adalah kelereng dan chapteh. 26 Seah Street; 65/6339-0660; emint.com.

 

Kiri-kanan: Salah satu sudut Museum of Art & Design; fasad museum.

3. MAD
Jalan Orchard memang dikuasai mal, tapi jika kita mau menjelajahi gang-gang di sekitarnya lebih saksama, kita akan mendapati kawasan ini bukanlah sekadar tempat untuk menggesek kartu kredit. Didirikan oleh Jasmine Tay, perupa merangkap pengusaha, Museum of Art & Design (MAD) Singapore adalah suaka bagi mereka yang menyukai kreativitas otak kanan. MAD bertekad menjadikan seni lebih mudah diakses publik—agenda yang dimuluskan oleh desain bangunannya yang lapang dan menyenangkan. Dalam tiap pamerannya, kompleks seluas 1.700 meter persegi di Tanglin Road ini menampilkan karya-karya dari enam hingga 12 seniman. Di bagian lain museum, kita bisa menemukan toko dan bistro yang didesain apik. 10 Tanglin Road #01-01/#02-01; 65/6734-5688; madmuseumsingapore.com. >>



Comments

Related Posts

12112 Views

Book your hotel

Book your flight